Telepon Putra Mahkota Saudi di Momen Iduladha, Erdogan Harap Ada Persatuan Dunia Islam

ERA.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan ucapan selamat Iduladha untuk seluruh umat Muslim di dunia. Erdogan menyampaikan harapan agar perdamaian di seluruh dunia, terutama Palestina dan Sudan.

"Saya dengan sepenuh hati mengucapkan selamat kepada bangsa kita dan dunia Islam pada kesempatan Iduladha," tulis Erdogan di X, Senin (17/6/2024).

"Saya berharap liburan ini membawa kedamaian di hati kita, ketentraman di negara kita, dan kedamaian di geografi spiritual kita, khususnya Palestina dan Sudan," tambahnya.

Pada momen Iduladha ini, Erdogan juga melakukan panggilan telepon dengan sejumlah petinggi negara Arab, seperti Perdana Menteri Pakistan, Presiden UEA, dan Putra Mahkota Arab Saudi.

Selama panggilan telepon dengan Presiden UEA Mohammed bin Zayed al Nahyan, Presiden Turki itu menyampaikan harapannya untuk perayaan Iduladha dengan damai dan tenang di seluruh wilayah pendudukan Palestina.

Sementara selama penggilan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salaman, Erdogan menggarisbawahi pentingnya 'persatuan dunia Islam' selama masa-masa sulit saat ini.

"Menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada Salman dan bangsanya, presiden Turki juga mengucapkan selamat kepada putra mahkota atas keputusan Riyadh untuk menampung 1.000 anggota keluarga 'martir' Gaza dan yang terluka untuk menunaikan ibadah haji," kata Erdogan, dikutip Anadolu, Senin (17/6/2024).

Sementara itu, warga Palestina merayakan Hari Raya Iduladha dengan melaksanakan salat di Masjid Al-Aqsa. Sedikitnya 40.000 jamaah melaksanakan salat di Masjid Al-Aqsa meski harus diperiksa oleh pendudukan Israel.