KPK Panggil Ulang Staf Hasto PDIP Hari Ini

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil ulang staf Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Kusnadi pada hari ini, Rabu (19/6). Dia bakal diperiksa sebagai saksi terkait kasus suap Harun Masiku yang hingga kini masih menjadi buronan.

"Betul. Untuk Kusnadi infonya Rabu jadwal pemanggilannya," kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardika saat dikonfirmasi, Rabu (19/6/2024).

Adapun pemanggilan ulang ini dilakukan karena Kusnadi tidak hadir pada panggilan sebelumnya pada Kamis (13/6). Saat itu, Kusnadi disebut masih trauma karena dibentak penyidik dan meminta pemeriksaan dirinya ditunda.

Sebelumnya, Kusnadi mengaku menjalani pemeriksaan secara paksa selama tiga jam oleh dua penyidik KPK pada Senin (10/6). Bahkan, dia sempat dibentak penyidik selama interogasi itu.

Kus, sapaan akrabnya, merasa takut selama diperiksa. Sebab, ia tidak didampingi pengacara.

Hal ini Kus sampaikan usai membuat aduan terhadap tindakan kesewenang-wenangan penyidik KPK, Kompol Rossa Purbo Bekti ke Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

"Dibentaknya, 'udah kamu diem saja'. Cuma, kan, saya orang biasa, saya takut," kata Kus dalam keterangan tertulisnya, Rabu (12/6).

Kus mengaku tidak tahu alasan penyidik KPK secara tiba-tiba memeriksanya. "Katanya buat pembuktian, enggak tahu saya, enggak tahu itu pembuktian apa saya enggak tahu," ujar dia.

Sebagai staf, Kus ikut mengantar Hasto saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus suap buronan Harun Masiku di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (10/6). Usai Hasto masuk ke ruang pemeriksaan, Kus dan rombongan menunggu di lantai bawah.

Namun, seseorang menggunakan topi dan masker yang belakangan diketahui sebagai Kompol Rossa, mendekat ke Kus dengan alasan dipanggil Hasto. Dia kemudian ikut naik ke lantai ruang pemeriksaan Hasto. 

Setibanya di sana, ternyata dia bukannya bertemu Hasto. Sebaliknya, ia justru digeledah dan dipakaa untuk pemeriksaan badan. Barang-barang yang ia bawa juga disita.

Beberapa barang pribadinya, seperti buku tabungan turut disita oleh Kompol Rossa.