Terinspirasi dari Tema Filmnya, Musikal Keluarga Cemara akan Rilis 16 Lagu Baru

ERA.id - Musikal Keluarga Cemara akan diisi dengan lagu-lagu baru pada pertunjukkannya yang digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada 21 Juni sampai 14 Juli mendatang. Total ada 16 lagu baru yang disajikan dalam musikal tersebut.

Sang komposer, Ifa Fachrir mengatakan bahwa lagu-lagu baru tersebut direkam seiring dengan proses latihan pertunjukkannya. Lagu akan dirilis dalam waktu dekat dalam beberapa bagian.

“Ya kebetulan dalam proses latihan, kita ada proses rekaman. Tunggu saja dalam waktu seminggu ini kita akan mulai rilis beberapa batch. Jadi nanti total ada 16 lagu baru yang akan kami persembahkan di digital streaming platform,” ungkap Ifa Bachrir saat Press Preview Pertunjukkan Panggung Musikal Keluarga Cemara, pada Selasa (18/6/2024). 

Ifa mengatakan bahwa belum lama ini lagu “Harta Berharga” yang dinyanyikan oleh cast Musikal Keluarga Cemara telah dirilis. Kemudian mereka akan merilis tujuh lagu terlebih dahulu, dan dilanjutkan dengan 9 lagu lainnya.

“Kemarin kita sudah rilis ‘Harta Berharga’ oleh semua cast. Kemudian kami akan merilis tujuh lagu baru, kemudian batch kedua setelah kami running seminggu ada 9 lagu baru,” tuturnya.

Kemudian Ifa menjelaskan bahwa lagu-lagu baru tersebut dibuat terinspirasi dari tema-tema yang dimuat dalam film Keluarga Cemara. Proses pembuatan lagu berjalan selama tiga sampai empat bulan.

“Pembuatan lagu sebetulnya prosesnya yang benar-benar efektif tiga hingga empat bulan, tapi yang saya lakukan juga ini karena ngambil dari film juga kan. Jadi beberapa tema di film, saya sebagai komposer di film akhirnya saya juga mengambil beberapa tema dari film yang itu juga mungkin di-recall. Jadi motif atau tema dari film itu di-recall dan kita interpretasikan dari lagu yang ada,” pungkas Ifa Bachrir.