Moeldoko Yakin KPK Bisa Segera Tangkap Harun Masiku

ERA.id - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yakin dalam waktu dekat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa menangkap buron kasus dugaan suap Harun Masiku.

“Ya mestinya. Mestinya bisa (KPK menangkap Harun dalam waktu dekat),” kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/6/2024), dikutip dari Antara.

Sebelumnya, mantan penyidik KPK, Yudi Purnomo Harapan juga merasa optimis dengan penangkapan Harun Masiku.

Ia meyakini AKBP Rossa Purbo Bekto selaku Kasatgas Penyidikan KPK dapat menangkap Harun Masiku, tersangka kasus pemberian hadiah atau janji kepada penyelenggara negara terkait dengan penetapan calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 di KPU RI.

"Tim penyidik tambahan di bawah kepemimpinan Kasatgas Penyidikan AKBP Rossa Purbo Bekti bisa menangkap Harun Masiku," kata Yudi di Jakarta, Selasa (18/6/2024).

Hal tersebut berdasarkan rekam jejak AKBP Rossa Purbo Bekti selaku penyidik KPK. Selain sudah berpengalaman ikut menangkap DPO kasus korupsi seperti Samin Tan, Nurhadi, Rezky Herbiyono, dan Hiendra Soenjoto, Rossa juga pernah terlibat sebagai penyelidik dalam operasi tangkap tangan (OTT) suap komisioner yang melibatkan Harun Masiku.

Adapun KPK sejauh ini terus memburu keberadaan buron kasus dugaan suap Harun Masiku. KPK sudah memeriksa Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan stafnya yang bernama Kusnadi.

Kepada wartawan Kusnadi mengaku pernah bertemu dengan Harun Masiku.

"Pernah," kata Kusnadi kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2024).

Namun, Kusnadi mengatakan dirinya tidak pernah berkomunikasi dengan Harun Masiku melalui ponsel.