Cara Membersihkan Talenan Kayu di Rumah: Mudah dan Aman bagi Kesehatan

ERA.id - Talenan kayu menjadi salah satu peralatan dapur yang penting. Namun bagaimana cara membersihkan talenan kayu benar?

Untuk itu, artikel ini akan mengupas tuntas cara membersihkan talenan kayu dengan tepat, sehingga Anda dapat menjaga kesehatan dan keamanan di dapur Anda.

Bagaimana Cara Membersihkan Talenan Kayu?

Untuk menjaga talenan kayu Anda tetap awet, ada perawatan rutin yang perlu dilakukan sebulan sekali atau dua kali. Dilansir dari Bon Appetit, proses ini akan membantu mengembalikan kondisi talenan dan membuatnya tahan lama. 

Anda hanya perlu dua bahan untuk perawatan ini, yaitu minyak mineral dan krim khusus talenan. Setelah Anda memiliki kedua bahan tersebut, berikut langkah-langkahnya:.

  1. Olesi dengan Minyak

Setelah Anda mencuci talenan dengan tangan dan mengeringkan, aplikasikan minyak mineral food-grade secara menyeluruh ke sisi samping, atas, bawah, dan semua lekukan, pegangan, atau gagangnya.

Minyak mineral umumnya tidak berwarna, tidak berbau, dan cukup ringan. Minyak ini biasa digunakan pada peralatan dapur kayu dan mangkuk salad serta talenan butcher block karena, tidak seperti minyak sayur atau minyak zaitun, minyak nabati ini tidak akan menjadi tengik dan membuat talenan berbau amis.

Namun Anda tidak perlu menggunakan minyak terlalu banyak, cukup oleskan secara merata hingga melapisi seluruh kayu. Biarkan minyak mineral meresap ke dalam kayu minimal selama tiga jam. Kemudian, sandarkan talenan untuk dikeringkan seperti sebelumnya.

Memang Anda bisa membeli minyak mineral dengan harga terjangkau, namun jika Anda menginginkan produk khusus talenan Anda dapat menggunakan Boos Block Mystery Oil.

  1. Gunakan Lilin

Setelah minyak mineral meresap ke dalam serat kayu, sekarang saatnya melapisi talenan dengan lilin. Anda dapat menggunakan campuran beeswax dan minyak mineral. 

Seperti minyak, krim khusus ini akan membantu melembabkan kembali talenan kayu dengan minyak meresap ke dalam serat kayu dan lilin mengunci kelembaban tersebut.

Aplikasikan krim langsung ke kayu dan gosokkan ke seluruh permukaan talenan, pastikan semua sudut dan celah terlapisi. Krim ini akan berminyak, jadi jika tidak ingin tangan Anda belepotan, gunakan kain microfiber bebas serat.

Setelah seluruh permukaan kayu terlapisi, akan terbentuk lapisan pelindung yang membantu kayu mempertahankan kelembaban.  Kemudian sandarkan talenan  dan biarkan selama semalaman di atas meja dapur Anda.

  1. Poles dan Kikis

Selanjutnya, gunakan kembali kain bersih untuk menggosok talenan dengan gerakan memutar, poles dan kikis permukaannya. Kayu akan menjadi mengkilap dan indah. Setelah selesai, air akan menggenang di atas talenan dan tidak meresap ke dalam kayu.

cara membersihkan talenan kayu secara sederhana (unsplash)

Metode Membersihkan Talenan Sederhana

Jika Anda hanya menggunakan talenan untuk mengiris roti atau mengiris lemon, maka tidak perlu mencuci; Anda cukup menyingkirkan remah-remahnya dan lanjutkan aktivitas Anda.

Tetapi jika ada noda alpukat atau jus bawang putih yang menempel di talenan Anda, yang diperlukan hanya mencucinya dengan air sabun.  Jangan pernah memasukkan talenan kayu ke mesin pencuci piring. Saat kayu terkena panas dan air, kayu akan lebih mudah retak atau melengkung, dan talenan  Anda tidak bisa digunakan lagi.

Setelah membuang sisa makanan, cuci talenan dengan tangan menggunakan air hangat (Anda dapat menggunakan sabun cuci piring). Pastikan Anda membersihkan bagian bawah, tepi, dan sisi talenan.

Perlu diketahui, kebanyakan orang hanya hanya mencuci bagian atas, dan hal ini sebenarnya bisa merusak kayu. Alasannya, ketika serat kayu terkena air maka akan mengembang dan jika pengembangan tidak merata talenan bisa melengkung.

Terakhir, untuk menghilangkan noda membandel atau bau, taburkan sedikit garam kasar pada permukaan talenan, tambahkan jus lemon, gosokkan pasta ke permukaan, dan diamkan selama beberapa menit. 

Untuk membersihkan noda, Anda juga bisa menggunakan pembersih khusus talenan kayu yang berfungsi mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan bau.

Selain cara membersihkan talenan kayu, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…