Kuba Resmi Bergabung dengan Afrika Selatan Gugat Israel ke ICJ

ERA.id - Kuba memutuskan untuk bergabung dengan Afrika Selatan di Mahkamah Internasional (ICJ) dalam kasus dugaan genosida oleh Israel di Jalur Gaza.

"Pemerintah Republik Kuba telah memutuskan untuk berpartisipasi dalam gugatan Republik Afrika Selatan melawan Israel di Mahkamah Internasional," kata Kementerian Luar Negeri Kuba, dikutip Anadolu, Sabtu (22/6/2024).

Kuba mengatakan keputusan tersebut sesuai dengan komitmen tegas dan permanen untuk mendukung dan berpartisipasi semaksimal mungkin dengan upaya sah internasional dalam menghentikan genosida terhadap rakyat Palestina.

Pada 29 Desember 2023, Afrika Selatan mengajukan gugatan ke ICJ terhadap Israel atas dugaan genosida di Jalur Gaza.

Pada 26 Januari, ICJ memutuskan tindakan sementara yang memerintahkan Israel mengambil langkah-langkah mendesak untuk mencegah tindakan genosida serta memastikan aliran bantuan kemanusiaan bisa sampai ke daerah kantong tersebut.

Pada saat yang sama, ICJ tidak memerintahkan gencatan senjata segera di Gaza.

Pada awal Maret, Afrika Selatan kembali ke ICJ untuk menyerukan tindakan sementara tambahan terhadap Israel. Tindakan itu diharapkan bisa mengatasi kelaparan yang meluas di kalangan warga Palestina di Jalur Gaza yang terkepung.