Diberi Sinyal Kaesang, Bos Baba Rafi Ngaku Keinginan Maju Pilwali Surabaya

ERA.id - Pemilik Kebab Turki Baba Rafi Hendy Setiono mengakui bahwa dirinya mempunyai keinginan untuk maju Pilwali Surabaya pada November 2024 mendatang.

Hendy mengatakan bahwa saat ini dirinya bersama Kaesang juga telah berkaloborai bisnis usaha Putra Bungsi Presiden Jokowi itu yakni Sang Pisang bersama Kebab Turki Baba Rafi miliknya bernama "Koalisi Pisang Nasional".

"Ini sekaligus menjawab ya baliho bertebaran di Surabaya. Ini jawabannya. Wah mas Hendy mau gandeng mas Kaesang ya ditunggu tanggal mainnya. Sehingga harapannya ini bisa membawa inspirasi bagi pelaku UMKM untuk bisa naik kelas," kata Hendy, usai launching ‘Koalisi Pisang Nasional’,  di Sidoarjo, Minggu (23/6/2024).

Ia "berkoalisi" dengan Kaesang dalam bungkusan bisnis UMKM. Tidak menutup kemungkinan, koalisi ini berlanjut ke ranah politik. Karena selain pebisnis, Kaesang juga berstatus sebagai politisi.

"Ini menjadi simbol dasar bahwa hubungan antara kolaborasi bisnis, kami pribadi sudah mengenal lama beliau dan juga Mas Gibran, kami merajut persahabatan untuk ke depannya," ujarnya.

Lebih lanjut Hendy merasa terhormat bahwa namanya juga masuk ke dalam bursa Pilkada Surabaya sebagai Bakal Calon Wali Kota.

"Satu hal yang bikin saya terkejut. Satu sisi memang merasa terhormat di sisi lain memang melihat dinamika ada keinginan untuk meningkatkan apa yang sudah baik di Surabaya," ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Hendy, bahwa dirinya juga ingin membangkitkan aspek ekonomi di Kota Pahlawan. Khusunya, menaikkan kelas UMKM terutama melibatkan anak-anak muda.

Terutama di aspek ekonomi, nilai tambah kami sebagai pelaku usaha saya pikir bisa menjadi sebauh niali positif untuk kemudian surabaya bsia naik kelas, umkm naik kelas, anak mudanya kudu sogeh, bisa sukses sehingga ini yang harapannya dalam scopp yang lebih luas kesempatan itu terwujud,” terangnya.

Soal politik, Ia juga mengaku membicarakan Pilkada Surabaya 2024 bersama Kaesang yang saat ini masih terlihat sangat dinamis terkait bacakada.

"Kami sendiri memang mengikuti perkembangan yang ada dan semua masih dinamis. Mas Kaesang sendiri beberapa saya tanyakan sangat dinamis sekali," tambahnya.

Menannggapi sinyal Kaesang mempersilakan dirinya mendaftar ke PSI sebagai bacakada Wali Kota Surabaya. Ia mengakui tidak menutup kemungkinan akan mendaftar ke partai Putra Sulung Jokowi tersebut.

"Diskusi ke arah sana dan sudah membangun konunikasi dengan ketua umum langsung dalam hal ini kaesang. Arah kesana tidak menutup kemungkinan," terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSI Kaesang Pengarep memberi sinyal kalau PSI membuka kesempatan mengusung Hendy.

"Kalau soal Pilkada tanya Mas Hendy yang mungkin mau jadi calon wali kota. Tanyanya ke beliau saja. Saya yang lain saja," katanya.

Ia pun mempersilahkan Hendy jika berkenan mendaftar sebagai Bakal Calon Wali Kota ke DPD PSI Surabaya.

"PSI punya kursi di Surabaya. Kami terbuka. Kalau Mas Hendy mau mendaftar, ya daftar dulu. Daftar dulu," pungkas Kaesang.