Kaesang Dorong Bos Kebab Maju Pilkada Surabaya

ERA.id - Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep bekerjasama bisnis Sang Pisang  bersama Kebab Turki Baba Rafi milik Hendy Setiono. Keduanya pun launching bisnis baru tersebut bernama ‘Koalisi Pisang Nasional, di Sidoarjo, Minggu (23/6/2024).

Menariknya, kedua pengusaha bisnis kuliner ini menyita perhatian masyarakat Surabaya, lantaran beredarnya baliho Kaesang-Hendy yang mengaitkan dengan majunya di Pilwali Surabaya 2024.

Terkait Pilkada 2024, putra bungsu Presiden Jokowi ini enggan membahas soal Pilgub dirinya di Jakarta maupun Pilwali di Surabaya.

"Ngga ngomong Pilkada. Nggak ngomong Pilkada, ini tentang bisnis dulu (acara Sang Pisang kolaborasi Kebab Turki Baba Rafi)," kata Kaesang.

Kaesang justru melemparkan pertanyaan isu Pilwali Surabaya ke Hendy Setiono dan memberi sinyal kalau PSI membuka kesempatan mengusung Hendy.

"Kalau soal Pilkada tanya Mas Hendy yang mungkin mau jadi calon wali kota. Tanyanya ke beliau saja. Saya yang lain saja," katanya.

Ia pun mempersilakan Hendy jika berkenan mendaftar sebagai Bakal Calon Wali Kota ke DPD PSI Surabaya. “PSI punya kursi di Surabaya. Kami terbuka. Kalau Mas Hendy mau mendaftar, ya daftar dulu. Daftar dulu," tambah Kaesang.

Sementara itu, Hendy menambahkan bahwa kerjasama bisnisnya ini merupakan jawaban adanya baliho yang bertebaran di Surabaya yang mengaitkan soal Pilkada 2024.

“Ini sekaligus menjawab adanya baliho yang bertebaran d Surabaya. Kami deklarasi pisang nasional antara Kebab Baba Rafi dan Sang Pisang,” ungkapnya.

"Ini jawabannya, Mas Hendy mau gandeng Mas Kaesang, ya ditunggu tanggal mainnya, sehingga harapannya ini bisa membawa inspirasi bagi pelaku umkm untuk bisa naik kelas,” ujarnya.

Saat ditanya apakah ada keinginan maju Pilwali Surabaya? Hendy menyebut dirinya merasa terhormat bahwa namanya muncul di bursa Pilkada Surabaya.

“Saya terkejut merasa terhormat, sisi lain memang melihat dinamika ada keinginan (maju Pilwali Surabaya) dan untuk meningkatkan apa yang sudah baik di Surabaya. Terutama di aspek ekonomi, nilai tambah kami sebagai pelaku usaha saya pikir bisa menjadi sebauh nilai positif untuk kemudian surabaya bsia naik kelas, umkm naik kelas,” katanya.

Ia sendiri mengaku membicarakan Pilkada Serentak 2024 bersama Kaesang yang saat ini masih sangat dinamis terkait bacakada.

“Kami sendiri memang mengikuti perkembangan yang ada dan semua masih dinamis. Mas Kaesang sendiri beberapa kali saya tanyakan, sangat dinamis sekali,” tambahnya.

Lebih lanjut Hendy menambahkan sinyal Kaesang mempersilakan dirinya mendaftar ke PSI sebagai bacakada Wali Kota Surabaya. Ia mengakui tidak menutup kemungkinan akan mendaftar ke partai Putra Sulung Jokowi tersebut.

“Diskusi ke arah sana dan sudah membangun komunikasi dengan ketua umum langsung dalam hal ini Kaesang. Arah ke sana tidak menutup kemungkinan,” terangnya.