Penyebab Sepatu Putih Menjadi Kuning Setelah Dicuci dan Tips Memutihkannya Kembali

ERA.id - Di balik kecantikannya, sepatu putih memiliki satu musuh besar yaitu noda kuning. Lantas apa penyebab sepatu putih menjadi kuning setelah dicuci?

Sepatu berwarna putih memang terlihat keren dan mudah dipadupadankan dengan berbagai outfit. Namun lebih keren lagi jika Anda tahu perawatannya. Artikel berikut ini berisi panduannya untuk Anda.

Penyebab Sepatu Putih Menjadi Kuning Setelah Dicuci

Meskipun proses oksidasi dan pasca cara cuci sepatu putih yang tidak tepat memainkan peran penting dalam perubahan warna, ada berbagai faktor lain yang dapat menyebabkan sepatu Anda menjadi kuning.

Dilansir dari shoewash, berikut ini beberapa penyebab sepatu putih Anda berubah warna dan menguning:

  1. Keringat

Salah satu penyebab umum perubahan warna menjadi kuning adalah keringat. Saat Anda memakai sepatu, kaki Anda secara alami akan menghasilkan keringat yang diserap oleh bahan sepatu kets.

Seiring waktu, garam dan komponen lain dalam keringat dapat menyebabkan perubahan warna, terutama pada sepatu putih di mana noda lebih terlihat.

  1. Kotoran

Sepatu putih juga mudah mengumpulkan kotoran dari lingkungan. Meskipun kotoran tidak langsung terlihat, kotoran dapat menumpuk secara bertahap dan menyebabkan sepatu menjadi kekuningan.

Menguningnya sepatu putih ini terutama terjadi jika kotoran tertanam di kain atau kulit sepatu Anda dan tidak dibersihkan secara teratur.

  1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan sepatu putih menjadi kuning.

Sinar ultraviolet (UV) dalam sinar matahari dapat menyebabkan sol karet sepatu teroksidasi. Proses oksidasi ini menyebabkan perubahan warna sol dari putih menjadi kuning.

  1. Penuaan

Seperti halnya semua benda lain, sepatu juga menua. Seiring bertambahnya usia, sepatu putih dengan bahan-bahan pembuatnya dapat mulai rusak. Proses ini dapat mengakibatkan perubahan warna dan seringkali memberikan efek kekuningan pada sepatu.

Cara Memutihkan Sepatu yang Menguning (freepik)

Cara Memutihkan Sepatu yang Menguning

Anda tidak selalu perlu berinvestasi dalam produk pembersih yang mahal untuk memutihkan sol sepatu yang menguning. Berikut beberapa metode do-it-yourself (DIY) dengan menggunakan bahan-bahan rumah tangga sederhana:

  1. Baking Soda dan Cuka Putih

  • Persiapan: Lepaskan tali sepatu dan cuci secara terpisah.
  • Campur Larutan Pembersih: Gabungkan air panas, cuka putih, baking soda, dan satu sendok teh deterjen cuci dalam mangkuk kecil hingga membentuk pasta.
  • Aplikasikan Pasta: Gunakan sikat gigi bekas untuk mengaplikasikan pasta ke permukaan sepatu, pastikan semua area yang terkena tertutup dengan baik.
  • Diamkan: Biarkan pasta bekerja selama setengah hingga satu jam.
  • Bilas dan Keringkan: Bilas sepatu dengan air hangat, tepuk-tepuk hingga kering dengan handuk, dan biarkan mengering di tempat yang berventilasi baik, hindari sinar matahari langsung.

Anda juga bisa menggunakan solusi ini untuk mengatasi noda kuning akibat pemutih. Kemudian jika membutuhkan sesuatu yang lebih kuat dari cuka putih, Anda bisa menggantinya dengan hidrogen peroksida.

  1. Pasta Gigi Pemutih

  • Bersihkan Sepatu: Pastikan sepatu bebas dari kotoran sebelum mengaplikasikan pasta gigi.
  • Aplikasikan Pasta Gigi: Gunakan sikat gigi untuk mengaplikasikan pasta gigi berwarna putih ke area yang terkena.
  • Gosok: Gosok lembut area tersebut.
  • Bersihkan: Setelah menggosok, bersihkan pasta gigi dengan kain lembab.
  • Keringkan: Biarkan sepatu mengering di tempat yang berventilasi baik.

Dengan menggunakan dua metode ini, Anda dapat memutihkan sol sepatu yang menguning tanpa perlu produk mahal.

Selain penyebab sepatu putih menjadi kuning setelah dicuci, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…