Siapakah E-Commerce Paling Murah?

Jakarta, era.id - Kebiasaan berbelanja masyarakat di era disrupsi ekonomi saat ini semakin meningkat. Hal itu mengakibatkan persaingan antar e-commerce semakin ketat. Beragam cara pun dilakukan oleh para platform e-commerce untuk dapat menggaet konsumen.

Salah satu cara paling ampuh menggaet masyarakat berbelanja di e-commerce yakni dengan melakukan promosi atau diskon potongan harga yang menggiurkan. Saat ini banyak e-commerce yang melakukan perang dagang dengan berlomba-lomba memberikan potongan harga menarik. 

Ilustrasi (Pixabay)

Lantas brand e-commerce apa yang memberikan harga paling murah?

Beberapa waktu lalu MarkPlus, Inc menerbitkan update data survei terbaru mengenai perilaku konsumen dan posisi brand e-commerce di Indonesia. Pada hasil riset tersebut, mengungkapkan Shopee dan Tokopedia adalah brand e-commerce yang dianggap paling murah.

Survei yang digelar selama Oktober 2018 ini membagi konsumen ke dalam lima kelompok usia yaitu, usia kurang dari 19 tahun, usia antara 19-24 tahun, usia antara 24-30 tahun, usia antara 31-25 tahun, serta usia lebih dari 35 tahun. 

Dari hasil riset tersebut mengungkapkan bahwa empat dari lima kelompok usia memilih Shopee sebagai brand e-commerce yang menawarkan harga paling terjangkau, di mana satu kelompok dengan konsumen berusia di atas 35 tahun memilih Tokopedia yang menawarkan harga paling terjangkau.

Brand e-commerce yang menempati tiga posisi teratas dalam survei dari sisi usia ini adalah Shopee dengan dominasi 42,8 persen, Tokopedia dengan angka 19,8 persen dan Bukalapak di 17,5 persen.

Ilustrasi (Pixabay)

Menurut survei yang dilakukan di enam kota tersebut, Shopee yang paling dipilih oleh konsumen sebagai brand e-commerce yang menawarkan harga paling terjangkau. Di posisi kedua ada pada Tokopedia, yang menjadi pilihan e-commerce paling murah menurut konsumen. Kemudian Bukalapak juga menjadi e-commerce yang dianggap paling murah, yang otomatis menempati peringkat ke tiga. 

Dalam menentukan e-commerce mana yang paling murah, tidak hanya dilihat dari harga barang. Faktor lain yang ikut menentukan persepsi masyarakat soal harga e-commerce yang paling murah yakni ongkos kirim.

Menurut hasil riset, faktor gratis ongkir menjadi faktor paling utama. Setelah itu baru faktor diskon, variasi pilihan jenis pembayaran, cashback, dan yang terakhir adalah flash sale.

Tag: perusahaan e-commerce