Destinasi Wisata Hiu yang Dapat Dikunjungi di Indonesia

ERA.id - Kehidupan bawah laut memang menyimpan misteri yang begitu banyak. Namun, di balik misteri tersebut ada juga keindahan yang membuat tak sedikit orang justru menjadikan eksplorasi alam bawah laut sebagai salah satu alternatif liburan yang menyenangkan. Salah satu destinasi yang tersedia adalah destinasi wisata hiu.

Ikan Hiu adalah salah satu spesies ikan yang hidup di laut dan dikenal dengan bahayanya karena termasuk salah satu ikan yang buas. Namun, bagi sebagian orang ikan hiu justru mempunyai daya tarik yang khusus sehingga tidak jarang wisata hiu di Indonesia banyak didatangi para wisatawan.

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki wilayah perairan yang luas sehingga banyak sekali destinasi wisata bahari yang dikenal sebagai destinasi wisata hiu di Indonesia.

Anda bisa mendatangi titik-titik selam strategis di habitat asli ikan hiu, hingga penangkaran-penangkaran hiu yang dibuat di Indonesia. Nah, di bawah ini adalah beberapa destinasi wisata hiu di Indonesia terpopuler yang dapat Anda kunjungi, dilansir dari laman resmi Kemenparekraf.

Hiu paus di Taman Nasional Teluk Cendrawasih. (ANTARA)

Destinasi Wisata Hiu di Indonesia

  • Pulau Menjangan Besar, Karimunjawa

Destinasi wisata hiu di Indonesia yang sekaligus paling populer adalah Pulau Menjangan Besar yang menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Karimunjawa di Provinsi Jawa Tengah.

Kawasan Karimunjawa sendiri memang populer sebagai salah satu destinasi wisata hiu di Indonesia karena adanya penangkaran-penangkaran hiu di sana. Salah satu penangkaran hiu tersebut berlokasi di Pulau Menjangan Besar.

Wisata hiu ini merupakan area penangkaran hiu dengan jenis black tip reef shark, spesies hiu yang dapat dikatakan cukup jinak.

Dengan berkunjung ke destinasi wisata hiu di Indonesia ini, Anda tidak hanya bisa mempelajari tentang proses penangkaran hiu, tapi juga mencoba berenang langsung dengan hiu-hiu yang ada di penangkaran ini.

Selain penangkaran hiu, Pulau Menjangan Besar juga mempunyai area penangkaran penyu yang juga dikenal dengan keindahan pantai-pantainya.

  • Bangsring Underwater, Banyuwangi

Bangsring Underwater merupakan destinasi ekowisata di Banyuwangi yang menjadi kawasan pelestarian alam bawah laut, termasuk pelestarian terumbu karang dan juga penangkaran hiu. Hal ini menjadikan destinasi ini dikenal juga sebagai salah satu destinasi wisata hiu di Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Hal yang unik lainnya, wisata hiu di Indonesia ini terdapat rumah yang terapung di tengah lautan selat Bali dengan keramba yang menjadi tempat perawatan ikan hiu yang terluka karena terjerat jaring nelayan.

Di sini, Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan scuba diving agar dapat melihat keindahan alam bawah laut di perairan sekitar selat Bali lebih dekat. Jika Anda beruntung, Anda akan bertemu dengan hiu-hiu yang hidup diperairan ini. Namun, jangan khawatir, sebab hiu-hiu di destinasi wisata hiu ini tergolong jinak.

  • Derawan, Kalimantan Timur

Pulau Derawan adalah salah satu surga wisata bahari yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur dan juga menjadi alternatif wisata hiu di Indonesia berikutnya. Perairan di sekitar pulau ini sudah lama menjadi salah satu spot diving populer dengan daya tarik ikan hiu paus yang sering ditemukan melintas di kawasan perairan ini.

Namun, selain populer sebagai salah satu wisata hiu di Indonesia, Pulau Derawan juga mempunyai banyak daya tarik wisata yang lain, termasuk Danau Kakaban yang menjadi salah satu dari sedikit danau di dunia yang mempunyai spesies ubur-ubur air tawar yang tidak mempunyai sengat.

Selain menawarkan snorkeling bersama ubur-ubur di Danau Kakaban, perairan di sekitar Pulau Derawan juga terdapat terumbu karang indah yang juga dapat Anda eksplorasi dengan kegiatan snorkeling.

  • Bali Shark Serangan

Anda juga bisa berkunjung ke destinasi wisata hiu di di Pulau Serangan, tak jauh dari perairan sekitar Pantai Melasti, provinsi Bali.

Destinasi wisata yang menyediakan area penangkaran ikan hiu sirip putih ini menawarkan pengalaman berenang bersama anak-anak ikan hiu yang masih muda dan juga memberi makan langsung ikan hiu yang hidup di penangkaran tersebut.

  • Pulau Tinabo

Destinasi wisata hiu di Indonesia berikutnya dapat Anda jumpai di kawasan Taman Nasional Taka Bonerate di Sulawesi Selatan, tepatnya di Pulau Tinabo. Destinasi wisata ini terbilang cukup unik, dimana Anda dapat berjumpa dan berinteraksi langsung dengan ikan-ikan hiu black tip yang berenang bebas di perairan dangkal di sekitar pantai yang ada di pulau ini dengan mudah.

Walaupun tergolong liar, ikan-ikan hiu ini sangat jinak dan sudah cukup terbiasa dengan kehadiran manusia sehingga Anda dapat berinteraksi secara dekat dengan bebas di perairan dangkal sekitar pantai saat berkunjung ke sini.

  • Pulau Morotai

Pulau Morotai di Maluku Utara seringkali dianggap sebagai surga wisata tropis dan juga menjadi salah satu dari 10 destinasi prioritas yang diprogramkan oleh pemerintah.

Anda akan menemukan pantai-pantai yang sangat menawan, alam yang masih sangat asri, dan juga pesona alam bawah laut yang menjadi daya tarik yang dapat Anda eksplorasi pada destinasi ini.

Demikianlah ulasan mengenai destinasi wisata hiu yang ada di Indonesia. Kira-kira, destinasi mana yang membuat Anda tertarik?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…