Pemimpin Mossad Disebut Jadi Wakil Delegasi Israel Bahas Gencatan Senjata

ERA.id - Pimpinan Mossad David Barnea kemungkinan besar akan memimpin tim perundingan Israel soal gencatan senjata dan pertukaran tahanan di Gaza dengan Hamas.

Pengiriman delegasi ini dilakukan setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu melakukan panggilan telepon dengan Presiden AS Joe Biden. Hal ini terjadi setelah Israel menerima tanggapan Hamas terkait pertukaran tahanan dan usulan gencatan senjata di Gaza.

Meski kemungkinan akan menunjuk David Barnea, Israel tidak memberikan rincian kapan dan di mana pertukaran sandera dan perundingan gencatan senjata akan dilakukan.

Pada hari Rabu, Israel mengatakan telah menerima tanggapan Hamas terhadap proposal gencatan senjata Gaza melalui mediator Mesir dan Qatar.

Meskipun tidak ada pihak yang mengungkapkan isi tanggapan Hamas, media Israel melaporkan pada hari Kamis (4/7) bahwa tanggapan tersebut dapat menjadi dasar untuk melanjutkan perundingan.

Mesir, Qatar, dan Amerika Serikat telah berusaha selama berbulan-bulan untuk mencapai gencatan senjata dan pembebasan 120 sandera yang tersisa di Gaza, namun tidak berhasil.

Hamas mengatakan kesepakatan apa pun harus mengakhiri perang dan penarikan penuh pasukan militer Israel dari Gaza. Namun Israel berpendapat bahwa mereka hanya akan menerima jeda sementara dalam pertempuran dan ingin mengakhiri kemampuan pemerintahan kelompok perlawanan tersebut.