Soal Serangan Israel ke Sekolah PBB, UNRWA Desak Penyelidikan Independen

ERA.id - Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) menyerukan penyelidikan independen terhadap serangan Israel yang menewaskan sedikitnya 16 warga Palestina di sebuah sekolah yang menampung pengungsi di Jalur Gaza tengah.

Komisaris Jenderal UNRWA Philippe Lazzarini dalam unggahan di X mengatakan sekolah al-Jaouri adalah rumah bagi hampir 2.000 pengungsi Palestina. Lazzarini mengatakan tuduhan Israel atas penggunaan sekolah sebagai markas Hamas merupakan tuduhan serius.

"Klaim yang berulang (antara lain) dari Israel adalah bahwa fasilitas kami digunakan oleh kelompok bersenjata Palestina. Ini adalah klaim yang saya tanggapi dengan sangat serius," kata Lazzarini pada unggahan X, Senin (8/7/2024).

"Itulah sebabnya saya berulang kali menyerukan penyelidikan independen untuk memastikan fakta dan mengidentifikasi mereka yang bertanggung jawab atas serangan terhadap gedung PBB atau penyalahgunaannya," tambahnya.

Ketua UNRWA mengatakan lebih dari separuh fasilitas badan tersebut telah diserang, menewaskan 520 orang dan melukai hampir 1.600 lainnya.

"Semakin lama perang ini berlangsung, semakin dalam perpecahan yang terjadi, dan semakin banyak penderitaan yang harus ditanggung oleh masyarakat," imbuhnya.

Serangan Israel terhadap sekolah al-Jaouni sedikitnya menewaskan 16 warga Palestina dan melukai 50 orang lainnya. Di sisi lain, Israel mengaku sengaja menyerang sekolah itu karena dijadikan salah satu pos kelompok dari Hamas. Tetapi tuduhan itu dibantah tegas oleh Hamas.