Bertemu Presiden PKS, Bamsoet Tampung Usulan Seluruh Fraksi di DPR Dapat Jatah Kursi Pimpinan

ERA.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet menampung usulan Presiden PKS Ahmad Syaikhu terkait kursi pimpinan di DPR. PKS mengusulkan agar seluruh fraksi di DPR mendapat jatah kursi pimpinan seperti di MPR.

Hal itu disampaikan saat silaturahmi kebangsaan MPR ke Kantor DPP PKS, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024).

"Dari presiden PKS ide wacana usulan di antaranya adalah kalau memungkinkan disuarakan alangkah bagusnya, nyamannya kalau nanti pimpinan MPR seluruh partai politik ada di sana, begitu juga dalam hal pimpinan DPR," kata Bamsoet.

Menurutnya, usulan dari PKS cukup baik. Sebab, dia sendiri merasakan manfaatnya saat memimpin MPR periode 2019-2024.

Dengan adanya perwakilan masing-masing fraksi partai politik yang lolos ke Senayan di jajaran MPR, menurutnya memudahkan komunikasi antar partai.

"Saya sendiri sebagai ketua MPR merasakan manfaat luar biasa ketika seluruh perwakilan fraksi partai politik berada di pimpinan MPR. Komunikasi kami menjadi lebih lancar dengan pimpinan partai politik," kata Bamsoet.

Politisi Partai Golkar itu mendukung apabila usulan PKS bisa dibicarakan. Sehingga ke depannya, pimpinan DPR berisi perwakilan dari seluruh fraksi.

"Kalau wacana ini bisa diakomodir dibicarakan dan diwujudkan saya pribadi menyambut baik karena saya sendiri merasakan manfaat dari seluruh perwakilan partai politik ada di pimpinan MPR. Jadi kalau DPR bisa meniru itu sangat baik," ucapnya.

Sementara itu, Syaikhu berharap usulannya ini bisa diakomodasi. Agar pimpinan DPR diisi seluruh fraksi yang ada.

"Nah untuk di DPR tentu ini lebih sedikit hanya sekadar fraksi-fraksi di DPR RI. Nah tentu masih lebih memungkinkan untuk itu diwujudkan sehingga seluruh fraksi ada keterwakilan sebagai pimpinan DPR," katanya.

Syaikhu pun senada dengan Bamsoet, dengan adanya perwakilan fraksi di posisi pimpinan DPR akan memudahkan komunikasi antar partai politik.

"Saya kira ketika tadi melakukan komunikasi antara partai politik ini akan lebih mudah ketika keterwakilan di pimpinan semua ada keterwakilan," katanya.