Bus Tingkat Tabrak Kapal Tanker Susu di India, Kondisi Hancur Berkeping-Keping

ERA.id - Tabrakan mengerikan yang melibatkan bus tingkat dengan kapal tanker susu menewaskan 18 orang dan melukai 19 lainnya. Tabrakan itu terjadi di Jalan Tol Lucknow-Agra di Unnao, Uttar Pradesh, India.

Kecelakaan itu terjadi pada Rabu (10/7/2024) ketika bus tingkat itu sedang melakukan perjalanan dari Sitamarhi Bihar ke Delhi. Bus yang melaju dengan kecepatan tinggi hancur ketika menabrak kapal tanker susu dari belakang di jalan tol Lucknow-Agra.

"Hari ini sekitar pukul 05.15, sebuah bus pribadi yang datang dari Motihari, Bihar, bertabrakan dengan sebuah kapal tanker susu. Delapan belas orang tewas, dan 19 lainnya luka-luka dalam kecelakaan tersebut," kata Hakim Distrik Unnao Gaurang Rathi, dikutip NDTV, Rabu (10/7/2024).

Polisi dan personel darurat lainnya bergegas ke lokasi untuk mengevakuasi korban dan membawa korban luka ke rumah sakit. Berdasarkan gambar dari lokasi kejadian menunjukkan mayat-mayat berserakan di tanah, potongan-potongan logam yang terpelintir, pecahan kaca, dan puing-puing harta benda yang hancur.

"Penyebab kecelakaan sedang diselidiki. Penyelidikan awal menunjukkan bus itu melaju dengan kecepatan berlebihan," ujar Rathi.

Insiden mengerikan ini menyita perhatian sejumlah pejabat, termasuk Ketua Menteri Yogi Adityanath. Yogi menyatakan kesedihannya atas tragedi tersebut dan mengarahkan para pejabat untuk memastikan perawatan yang tepat bagi mereka yang terluka.

Di sisi lain, Perdana Menteri Narendra Modi mengumumkan kompensasi sebesar 200.000 rupee (Rp38 juta) dan 50.000 rupee (Rp9,7 juta) untuk yang terluka dalam kecelakaan itu.

Kecelakaan di jalan raya sering terjadi di India, dengan perkiraan pemerintah melaporkan 168.000 kematian pada tahun 2022.

Pada bulan Mei, setidaknya 21 orang tewas dan lebih dari 50 orang terluka ketika bus yang mereka tumpangi terguling ke jurang yang dalam di Kashmir yang dikelola India.