Sentil Pemerintah Lambat Atasi Masalah Rakyat, Puan: No Viral No Justice

ERA.id - Ketua DPR Puan Maharani menyentil lambannya kahadiran pemerintah merespons masalah masyarakat. Pemerintah baru bertindak ketika rakyat memviralkan masalah yang terjadi.

Hal itu disampaikan dalam pidato penutupan masa sidang di Rapat Paripurna ke-22 Masa Sidang V Tahun Sidang 2023-2024, Kamis (11/7/2024).

"Berbagai permasalahan yang dihadapi rakyat semakin membutuhkan kehadiran negara ketika negara terlambat atau dirasakan tidak merespons sebagaimana seharusnya," kata Puan.

"Maka rakyat mengambil inisiatifnya sendiri yang saat ini dilakukan dengan memviralkan di media sosial, no viral no justice," imbuhnya.

Situasi tersebut, menurutnya menjadi tantangan bagi pemerintah. Sebab, rakyat sudah banyak menaruh harapan kepada negara, baik di tingkat eksekutif maupun legislatif.

"Rakyat telah memercayakan kekuasaan negara dilaksanakan oleh eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Saatnya bagi lembaga kekuasaan negara tersebut menjalankannya secara efektif untuk menangani urusan-urusan rakyat," kata Puan.

Dia menegaskan, DPR memiliki komitmen yang tinggi untuk dapat memenuhi harapan rakyat melalui fungsi-fungsi di parlemen dan akan terus berupaya dapat mewujudkan kehidupan rakyat yang semakin baik, semakin maju, semakin sejahtera, dan semakin mudah.

"Marilah kita anggota DPR yang terhormat terus bekerja dengan komitmen yang tinggi untuk terus membangun kelembagaan DPR, yang kuat secara substansi, tertib menjalankan kewenangan, dan berdemokrasi dengan berkeadaban," pungkasnya.