4 Tips Menghadapi Anak yang Suka Membantah Ucapan Orangtua

ERA.id - Di saat anak sudah bisa berbicara dan memiliki pemikiran sendiri akan berbagai hal, tak jarang mereka mengabaikan omongan orangtua. Terlebih jika orangtua memberikan perintah dan nasihat yang menurut mereka tidak benar.  

Untuk menghadapi anak-anak yang suka membantah omongan orangtua, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, terutama dalam perubahan pola asuh.

Berikut tips menghadapi anak yang suka membantah omongan orangtua, sebagaimana dilansir dari The Asian Parents.

1. Atur nada dan tutur kata dalam berbicara 

Anak-anak adalah pengamat yang tajam. Mereka mendengarkan cara orangtua berkomunikasi dan merespons satu sama lain, meskipun sepertinya mereka tidak memperhatikan. 

Jika orang tua berdebat atau menggunakan nada tinggi, anak mungkin akan meniru perilaku tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan percakapan yang penuh hormat, nada bicara, dan tutur kata yang baik, agar anak meniru hal baik tersebut. 

2. Beri batasan yang jelas 

Pastikan anak memahami batasan yang sudah dibuat, mengenai apa yang dapat diterima dan apa yang tidak. Jika Anda merasa tanggapan tertentu tidak sopan, beri tahu anak agar tidak mengulanginya di kemudian hari.

Menetapkan batasan yang jelas akan membantu anak Anda memahami batasan tersebut dan mengurangi terjadinya percakapan yang tidak teratur antara orangtua dan anak.

3. Perlakukan anak dengan rasa hormat

Hormat tidak hanya diberikan dari anak kepada orangtua, tetapi juga harus diberikan orangtua kepada anak mereka. Memberikan rasa hormat membantu anak merasa dihargai dan dipahami, hingga mereka juga akan berperilaku demikian pada orang lain, termasuk orangtuanya sendiri.

4. Ajari anak untuk tetap bersikap tenang

Ajari anak untuk tetap bersikap tenang dalam menghadapi segala situasi. Lingkungan keluarga yang positif untuk membantu mereka mempelajari cara yang tepat untuk mengekspresikan diri dengan baik, tanpa harus membantah orang lain.