Dukung Airin Rachmi di Pilgub Banten, PDIP Tawarkan Kader Jadi Cawagub

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya bakal mengusung Airin Rachmi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Partai berlambang banteng itu berniat menduetkan Airin dengan kadernya.

"Kan sudah (mengusung Airin dan menduetkan dengan kader PDIP," kata Djarot di Kompleks Parlmen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Dia mengatakan, kader yang diusulkan PDIP untuk mendampingi Airin sebagai bakal wakil gubernur Banten yaitu Ade Sumardi.

"Kalau Banten, kalau tidak salah Pak Ade, ketua DPD Banten," kata Djarot.

Meskipun baru bekerja sama dengan Partai Golkar, PDIP tak takut berhadapan dengan pasangan Andra Sony-Dimiyati Natakusumah yang didukung banyak partai.

"Biarin aja tadi lho gajah sama semut menang mana? Gitu aja kok repot," kata Djarot.

Sebelumnya, Partai Golkat resmi memajukan kadernya yaitu Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Banten 2024. Soal siapa yang menjadi pendampingnya, Airin menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

"Saya rasa beliau orang yang sangat bijak, terlebih dengan pengalaman pemenangan pileg dan pilpres kemarin, saya meyakini langkah yang dinakhodai beliau," kata Airin di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (10/7).

Untuk Pilgub Banten, Golkar mengupayakan tetap bekerja sama dengan partai politik dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Namun belakangan, Gerindra memilih mengusung kadernya yaitu Ketua DPD Gerindra Banten Andra Soni berpasangan dengan Dimyati Natakusumah untuk maju di Pilgub Banten.