PKB Prediksi Pilgub Jakarta Hanya Dua Paslon

ERA.id - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid memprediksi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 hanya akan diikuti dua pasangan calon.

Awalnya, dia menyampaikan bahwa dinamika politik masih cukup cair. Meskipun sudah ada yang mendeklarasikan bakal calon gubernur Jakarta yang diusung, namun belum ada koalisi yang benar-benar terbentuk.

"Ya semua masih normal semua. Makanya sampai detik ini seluruh partai-partai yang ada di DKI ini masih cair. Misalkan PKS katakanlah deklarasi, kan enggak cukup juga (mengusung calon sendiri)," ujar Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2024).

"Tapi dugaan saya di DKI head to head, hanya dua pasang," imbuhnya.

Disinggung apakah nantinya di Pilgub Jakarta akan mempertarungkan jagoan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) dengan jagoan dari koalisi lainnya, dia tak bisa memastikannya.

Diketahui, nama mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paling santer digadang maju di Pilgub Jakarta 2024. Sejuah ini, Anies baru mengantongi rekomendasi dari PKS.

"Enggak, enggak begitu. Belum, tapi dugaan saya di DKI ini akan terjadi head to head. Karena nanti ada kelompok kelompokan kekuatan gitu," kata Jazilul.

Dia juga tak bisa memastikan apakah nantinya Anies akan melawan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta.

"Sampai hari ini belum ada lawan ya. (Ridwan Kamil) Belum juga. Kan RK ada di Jabar. Apa di balik RK di Jakarta Anies di Jabar? Kan dinamika masih cair," pungkasnya.