Bisnis Olahan Tempe yang Inovatif dan Jadi Ide Bisnis Menarik

ERA.id - Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tempe merupakan produk kuliner yang sudah menjadi menu pokok pilihan. Tempe memiliki tekstur padat tapi lembut dengan rasa yang khas. Selain itu, bisnis olahan tempe memberikan peluang yang besar karena banyak masyarakat kita yang gemar dengan jenis makanan ini.

Bisnis Olahan Tempe yang Direkomendasikan

Apakah Anda tertarik dengan bisnis produk olahan tempe, tapi bingung hendak dibuat apa? Dilansir dari Cermati.com, berikut beberapa ide bisnis olahan tempe yang bisa Anda jalankan:

Tempe (Puput Puji/VOI)

Nugget Tempe

Ide olahan tempe yang juga dapat jadi produk kuliner unggulan sekaligus menghasilkan cuan yang pertama adalah nugget tempe. Ini adalah olahan yang menarik dan kreatif dari bahan tempe. Selain itu, olahan ini juga lebih sehat sebab diolah dengan tambahan sayur dan bahan yang lain. Cara membuat nugget tempe dapat dikatakan cukup mudah. Tempe yang sudah Anda kukus dan dihaluskan dicampur bersama telur, sayuran dan bumbu pelengkap.

Selanjutnya dikukus hingga matang, setelah itu dipotong-potong, dibalut tepung panir dan digoreng. Teksturnya yang renyah dan lembut di bagian dalam menjadikan olahan tempe ini cocok sebagai cemilan sehat untuk keluarga.

Steak Tempe

Olahan tempe yang tak kalah menarik untuk dijadikan ide jualan yaitu steak tempe. Olahan ini mengadopsi cita rasa steak dengan kearifan lokal. Tempe yang dijadikan steak biasanya akan dikukus hingga matang sebelum dihaluskan. Setelah itu dicampur dengan bumbu-bumbu, telur, daging ayam cincang kemudian dipadatkan dan dikukus lagi. Ketika disajikan, steak tempe akan dipanggang lebih dulu kemudian disiram dengan bumbu yang kaya rasa.

Coklat Tempe

Memang terdengar aneh mendengar coklat dan tempe bersatu. Namun, tentu hal ini akan jadi cemilan unik yang inovatif, sekaligus jadi ide jualan yang cukup menarik. Coklat tempe adalah inovasi terbaru dalam olahan tempe sebab mengombinasikan dua bahan yang memiliki keunikan tersendiri. Proses pembuatannya memang sedikit lebih rumit, tetapi produk yang dihasilkan memang akan menyajikan citarasa yang unik. Hal ini tentunya akan memberikan pengalaman menarik bagi siapa pun yang mencicipi coklat dan juga tempe dalam sekali gigitan.

Burger Tempe

Olahan tempe selanjutnya yang cocok jadi ide jualan selama adalah burger tempe. Jika isian burger biasanya menggunakan bahan daging sapi, kali ini diganti dengan bahan dari tempe. Tempe yang digunakan untuk isian burger harus diolah lebih dulu dengan bumbu dan bahan tambahan lainnya, supaya rasa dan teksturnya mirip dengan patty beef. Burger tempe ini dapat dijadikan makanan pilihan bagi para vegetarian yang jauh lebih sehat, tapi tekstur dan rasa yang tak jauh berbeda.

Bakso Tempe

Ide jualan selanjutnya dari bahan tempat yaitu bakso tempe yang juga dapat menjadi alternatif kuliner sehat. Sebab, dalam proses pengolahannya, bakso menggunakan tempe sebagai bahan dasarnya. Tak jauh berbeda dengan olahan bakso lainnya, bakso tempe juga menawarkan rasa yang tak kalah lezat. Hal ini tentu bisa jadi pilihan kuliner yang menarik bagi para vegetarian atau orang yang sedang mengurangi konsumsi daging.

Oatmeal Tempe

Oatmeal tempe dapat jadi ide olahan menarik untuk dibisniskan. Produk olahan ini tentu akan jadi menu favorit bagi mereka yang gemar dengan makanan sehat. Dengan tambahan tempe, tentunya bakal ada citarasa baru yang memberikan taste tersendiri pada oatmeal.

Demikianlah ulasan tentang ide bisnis olahan tempe yang bisa dipraktikkan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…