PKB Pastikan Usung Kader Sendiri di Pilkada Jateng, Gus Yusuf Jadi Kandidat Terkuat

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan akan mengusung kadernya dalam Pilkada Jawa Tengah (Jateng) 2024 mendatang. Ketua DPW PKB Jateng Muhammad Yusuf Chudlori atau Gus Yusuf menjadi kandidat terkuat untuk dimajukan sebagai bakal calon gubernur.

"(Pilkada) Jateng, Gus Yusuf yang (akan) maju. Kita pemenang kedua di Jateng. Kita pastikan kader kita maju," kata Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Syaiful Huda kepada wartawan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (23/7/2024).

Syaiful menjelaskan, berdasarkan hasil survei di Jateng, belum ada figur yang elektabilitasnya signifikan. Termasuk sosok Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dan Kapolda Jateng Ahmad Luthfi.

"Kalau merujuk sigi terakhir, beberapa lembaga survei, (elektabilitas) Kaesang baru 7 persen, Pak Lutfi baru 6 persen. Selebihnya ada yang 3, ada yang 1, ada yang 2," ungkap dia.

"Jadi hari ini untuk figur terbaik di Jateng itu belum ada. Yang belum menentukan pilihan 64 persen. Artinya emang masih cair banget Jawa Tengah," sambungnya.

Syaiful menegaskan, PKB mempertimbangkan untuk menduetkan Gus Yusuf dengan Luthfi maupun calon dari partai lainnya. Namun, ia memastikan, partainya akan mengusung Gus Yusuf di Pilkada Jateng.

"Enggak, yang pasti kita mendukung Gus Yusuf. Jadi kalau ada pertanyaan apakah PKB punya calon, ada," jelas Syaiful.

"Nah, mau dipasangkan ke mana Gus Yusuf? Apakah ke, misalnya ke PDIP, ke figur-figur yang lain, kita tunggu. Ya kita pertimbangan juga Pak Lutfi," imbuh dia.