PKB Terbuka Dengan Andika hingga Ahmad Luthfi, Tapi Cagubnya Yusuf Chudlori

ERA.id - Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya terbuka dengan eks Panglima TNI Andika Perkasa hingga Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfhi di Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2024. Namun untuk maju sebagai calon wakil gubernur.

Sebab, PKB akan tetap mendorong kadernya yaitu Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf sebagai bakal calon gubernur Jateng.

"Nanti kalau ada partai lain dukung kan bisa dikompromikan di situ, termasuk Pak Andika, termasuk dengan PDIP, termasuk dengan Pak Luthfi, termasuk dengan siapapun," kata Jazilul kepada wartawan, dikutip Jumat (26/7/2024).

"Tapi kalau ditanya PKB mendukung siapa di Jawa Tengah, saya jawab tegas, kami mendorong Gus Yusuf untuk maju gubernur Jawa Tengah," imbuhnya.

PKB, kata Jazilul, masih menghitung-hitung dengan siapa akan menjalin kerja sama politik di Pilgub Jateng. Menurutnya, peta politik di Jateng hingga saat ini masih belum jelas.

"Masih merangkai-rangkai dengan siapa koalisinya? Siapakah nanti wakilnya? Bagaimana dia? Karena di Jawa Tengah, peta koalisinya belum jelas juga," kata Jazilul.

Meski begitu, PKB tetap membuka komunikasi dengan siapapun. Sebab, partainya tak punya cukup kursi untuk mengusung sendiri calon di Pilgub Jateng.

"Memang sampai hari ini kan masih mencari dukungan partai yang lain, karena PKB kan enggak cukup. Nah, nanti kalau ada partai lain dukung kan bisa dikompromikan," ucapnya.

Diketahui, Partai Gerindra baru-baru ini mengumumkan resmi mengusung Ahmad Luthfi sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah.

Sementara, PDIP mendorong nama Andika Perkasa sebagai salah satu kader untuk maju di Pilgub Jawa Tengah. Partai berlambang banteng itu juga tengah menjajaki peluang kerja sama dengan PKB di Jateng.