Jalan Percontohan yang Tak Patut Dicontoh

Jakarta, era.id - Apa yang ada di pikiran Anda jika mendengar istilah jalan percontohan? Anda mungkin membayangkan jalanan yang baik, penerangan yang cukup, trotoar yang rapih, atau rambu-rambu yang lengkap. Ironisnya, kondisi jalan percontohan Cimanggis Nagrak, Depok, Jawa Barat, jauh dari hal tersebut.

Pantauan era.id, keadaan jalan percontohan Cimanggis Nagrak yang menghubungkan wilayah Depok dan Kabupaten Bogor itu terlihat tidak terawat bahkan terkesan terbengkalai.

Tampak sejumlah penerangan jalan umum (PJU) sekadar menjulang di tepi jalan namun tak berfungsi. Pengemudi yang melintas jalanan ini pada malam hari harus memperlambat laju kendaraannya karena jalanan yang sangat gelap. Sementara, trotoar pejalan kaki terlihat dipenuhi ilalang yang menjalar memenuhi seluruh bagian trotoar. Malahan, trotoar itu ditumpuki sampah yang menambah buruk wajah sebuah jalan percontohan.

Jalan Percontohan Cimanggis Nagrak ini diprakarsai Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera) di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Awalnya, jalan percontohan Cimanggis Nagrak merupakan akses menuju tol Cimanggis. Proyek ini mangkrak karena terganjal pembebasan lahan. Jalan ini juga bertujuan mengatasi kemacetan yang acap kali terjadi di jalan alternatif Cibubur.

Hingga kini, era.id belum bisa mengonfirmasi tindak lanjut perawatan jalan yang terbengkalai itu. Publik berharap jalan percontohan Cimanggis Nagrak ini bisa segera dirawat atau ditindaklanjuti pengerjaannya.