Soal Persiapan Ngantor di IKN, Jokowi: Ya Kalau Sudah Siap, Masa Sidang Kabinet Lesehan

ERA.id - Presiden Joko Widodo merespons persiapan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Termasuk mempersiapkan sidang kabinet di ibu kota negara yang baru.

Dia mengatakan masih perlu mengecek kesiapan furniture di dalam IKN. Sambil berkelakar, dia bilang tak mungkin menggelar sidang jika tak ada kursi.

"Ya kalau sidah siap, kalau kursinya belum ada gimana mau duduk masa lesehan, sidang kabinet lesehan," kata Jokowi di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Dia menegaskan, masih perlu memastikan kesiapan IKN untuk ditempati. Hingga sejauh ini, dia baru mendapat laporan bahwa pasokan air bersih sudah masuk.

"Saya akan tetap melihat fasilitasnya sudah selesai atau belum, siap atau belum, yang disampaikan ke saya airnya sudah masuk," kata Jokowi.

Lebih lanjut, mantan gubernur DKI Jakarta itu menegaskan tak mau mendesak agar bangunan pemerintah di IKN segera selesai. Jika seluruhnya sudah selesai, maka dia siap pindah kantor ke IKN.

"Kita tidak mau maksa-maksa yang nanti akan menurunkan kualitas interior, kualitas bangunan, enggak. Selama itu benar-benar siap ya saya akan masuk," ucapnya.

Sebelumya, Sekretariat Presiden sudah memulai untuk mengisi furnitur dan peralatan kantor untuk mempersiapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Sedang berjalan, kantor presiden kita persiapkan kursi-kursi yang dibutuhkan. Saya selaku Kasetpres bersama rekan-rekan pejabat Sekretariat Presiden mulai hari ini terus tanggal 25 (Juli) mengisi terus kebutuhan furnitur yang memang harus disiapkan untuk Bapak Presiden," kata Kepala Setpres RI Heru Budi Hartono saat ditemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (25/7).