Surya Paloh Harap Ada Perempuan Maju ke Kongres NasDem dan Pimpin Politisi Lelaki

ERA.id - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menilai bahwa kaum perempuan sudah layak memimpin para laki-laki di Partai NasDem karena partainya tersebut sudah mengedepankan kesetaraan gender.

Dia mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan dan mengharapkan posisi serta peran kaum perempuan lebih hebat dari hari ini. Dengan niat baik, dia percaya bahwa kaum perempuan memiliki kekuatan dan konsistensi diri, tanpa kehilangan sedikitpun sifat natural dalam kodratnya.

"Maka kepada semua kaum perempuan di Indonesia bagi NasDem, terimalah penghormatan partai ini," kata Surya saat berpidato pada Simposium Perempuan Pra-Kongres III Partai NasDem untuk Bidang Politik di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Kamis (25/7/2024).

Dia mengatakan tidak ada halangan bagi perempuan untuk menjadi ketua umum partai politik di Indonesia. Menurutnya, Presiden Republik Indonesia pun sudah ada yang berasal dari kaum perempuan.

"Ya kalau memungkinkan, satu ketika barangkali ketika kongres yang akan datang, ada kaum perempuan," katanya.

Menurutnya Partai NasDem pun tidak kekurangan stok kader perempuan yang menjadi figur politisi. Bahkan, dia pun mengakui banyak perempuan yang lebih unggul daripada figur-figur laki-laki.

Dia mengatakan bahwa kaum perempuan bukan hanya sebagai pelengkap dalam tatanan sosial, melainkan sebagai penentu yang bisa membawa kemajuan dalam berbagai pembangunan aspek kehidupan karena memiliki inovasi yang membangun motivasi.

"Indonesia hari ini amat membutuhkan kehadiran pergerakan kaum perempuan yang bukan lagi berpikir pada masalah-masalah yang terbatas bagi kebutuhan konsumsi, tetapi jauh lebih itu," kata dia.

Adapun simposium tersebut mengusung tema "Terobosan Mengatasi Ketimpangan Gender di bidang Politik di Indonesia". Kegiatan itu menghadirkan sejumlah tokoh perempuan, mulai dari aktivis sosial Ita F Nadia, politisi Lita M Arifin, hingga pengusaha pemberdaya disabilitas Nicky Clara.

Sementara NasDem nantinya menggelar Kongres III pada 25-27 Agustus 2024 bertempat di Jakarta Convention Centre (JCC).

Rencananya, Kongres III Partai Nasdem akan dibuka oleh Presiden Jokowi dan ditutup oleh presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto.