Presiden Jokowi Boyong Artis ke IKN, Tuai Kritik Netizen

ERA.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memboyong beberapa artis dan influencer Indonesia untuk berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan.

Mereka diajak untukperesmian Jembatan Pulang Balang dan peninjauan pembangunan, salah satunya jalan tol menuju IKN.

Beberapa artis yang diajak mulai dari Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Irwansyah, Zaskia Sungkar, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Gading Marten, Ananda Omesh, Dian Ayu Lestari, hingga Ferry Maryadi.

Mereka tampak berfoto bersama Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi di bandara dalam unggahan Instagram Irwansyah dan Raffi Ahmad. 

“Bismillah IKN,” keterangan pada foto, Minggu (28/7/2024). 

Unggahan foto tersebut sontak menuai banyak komentar netizen. Namun, kebanyakan netizen melontarkan kritikan keras terhadap momen artis dan influencer bersama presiden di IKN tersebut.

Netizen membahas mengenai kepentingan para artis harus diboyong untuk meninjau pembangunan yang dilakukan di IKN. Tak sedikit juga netizen yang menyoroti biaya yang dikeluarkan untuk membawa para artis tersebut ke IKN. 

“Serius nanya, urgensi bawa artis kesana pake biaya negara. Trus motoran dan makan-makan tu apa? Di saat mahasiswa demo, ditemuin pun nggak. Duh aku ga pernah comment2 gini tp udah enek banget sumpah,” komentar netizen.

“Dulu pesawat Indonesia digunakan untuk lobby delegasi negara, ini malah buat wisata sama influencer,” ucap yang lain.

“Pemerintah sekarang menggunakan artis dan influencer untuk menutupi kegagalan kinerja pemerintah sekarang,” tutur yang lain.

“Endorse IKN, mereka yg senang2 dgb fasilitas negara. Masyarakat Indonesia yg menanggung utang & pajak,” tambah yang lainnya.