Tutup Pintu Untuk Tokoh Eksternal, KIM Pilih Calonkan Pihak Internal di Pilgub Jakarta

ERA.id - Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) bakal mengusung tokoh internal sebagai bakal calon gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Hal itu merespons peluang KIM mempertimbangkan nama politisi PPP Sandiaga Uno untuk dicalonkan di Jakarta.

"Kami mengusung kader internal, baik dari  nanti diputuskan dari Partai Golkar, Partai Gerindra atau partai lain, tapi itu kader internal, bukan dari luar," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/8/2024).

Soal siapa yang bakal diusung, Dasco masih menutup rapat. Dia beralasan hal itu hanya diketahui oleh ketua-ketua umum partai politik di KIM.

Para ketua umum partai di KIM direncanakan akan bertemu membahas Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilgub Jakarta 2024 setelah Prabowo Subianto kembali ke Tanah Air.

"Ya nanti, kan saya sudah bilang, urusan ketum-ketum, jadi kalau dijawab di sini saya enggak punya kewenangan," ucapnya.

"Kalau membahas ke siapa mengkerucutnya, kan nanti kita dengar saja ketum-ketum nanti, tunggu Pak Prabowo pulang," imbuh Dasco.

Sebelumnya, Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sandiaga Uno memutuskan tak maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) 2024. Namun menpertimbangkan mencalonkan diri di Pilgub Jakarta 2024.

Meski begitu, dia belum berani mengklaim mau maju di Pilgub Jakarta 2024. Sebab keputusan itu tergantung pimpinan partai politik.

"Di Jawa Barat sudah saya sampaikan tapi kalau di Jakarta ini nanti tergantung pimpinann partai politik," kata Sandiaga di iNews Tower, Jakarta, Rabu (31/7).

Dia tak ambil pusing soal elektabilitasnya masih rendah di Jakarta. Berkaca dari pengalamannya maju di Pilgub DKI 2017 silam, mendongkrak elektoral di Jakarta dinilai lebih mudah.

"Saya dulu mulai di DKI elektabilitasnya 0,3 persen, jadi karena DKI ini wilayahnya lumayan terjangkau siapapun yang berlaga di DKI punya peluang untuk meningkatkan elektabilitas," ujar Sandiaga.