Soal Pilgub Jakarta, KIM Siapkan Lebih Dari Satu Paslon

ERA.id - Koalisi Indonesia Maju (KIM) menyiapkan lebih dari satu pasangan calon untuk dimajukan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. Tokoh yang akan diusung berasal dari kader internal partai politik di KIM.

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, keputusan itu akan dibahas di internal KIM usai Prabowo Subianto kembali ke Tanah Air dari lawatan luar negeri.

"Menunggu Pak Prabowo pulang baru ada pembicaraan. Tetapi setahu saya, bahwa kemudian ada lebih dari satu paslon yang kemudian disimpan untuk kemudian diputuskan yang mana untuk maju nanti, dari internal," kata Dasco di iNews Tower, Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Dia mengatakan, saat ini ada beberapa nama-nama paslon yang sedang disimulasikan untuk maju di Pilgub Jakarta. Namun dia enggan membocorkan siapa saja tokoh yang sedang dogodok.

"Nama-nama paslon itu juga hanya diketahui oleh para Ketua Umum Koalisi Indonesia Maju dan ini pada waktunya nanti akan disampaikan," ucapnya.

Lebih lanjut, wakil ketua DPR RI itu mengatakan, dinamika politik untuk Pilgub Jakarta 2024 saat ini masih cukup cair. Hal itu terlihat dari pernyataan sejumlah partai politik.

Meski begitu, dia memprediksi Pilgub Jakarta 2024 akan diikuti dua pasang calon saja.

"Untuk calon di DKI tentunya ini masih dinamis. Oleh karena itu ya kita nanti akan mencermati dan kita akan tunggu hasilnya sampai dengan pendaftaran lah kira-kira begitu," kata Dasco.

"Tapi saya yakin pada akhirnya di Pilkada Jakarta itu maksimal hanya akan terjadi dua pasang saja yang bertarung," imbuhnya.

Dia menambahkan, selain menyiapkan lebih dari satu paslon, untuk Pilgub Jakarta 2024, akan ada partai politik lain yang bergabung dengan KIM.

"Nanti pada waktunya pasti akan diputuskan secara bersama-sama, satu suara oleh Koalisi Indonesia Maju Plus. Ada Koalisi Indonesia Maju Plus," pungkasnya.