Resmi Dibuka, Wapres Ma'ruf Amin Dukung Jogja Fashion Trend 2024 untuk Kemajuan Perekonomian Indonesia

ERA.id - Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), K.H. Ma'ruf Amin secara resmi membuka acara Jogja Fashion Trend (JFT) 2024 di Pakuwon Mall Jogja, Sleman, Yogyakarta pada Rabu (7/8/2024).

JFT 2024 menjadi awal rangkaian Grebek UMKM hasil kerjasama Bank Indonesia (BI) dan Yayasan Fashion Jogja Istimewa (YFJI). JFT 2024 diselenggarakan selama lima hari, 7-11 Agustus 2024. Mengusung tema Inspectre, JFT 2024 mampu menarik minat desainer berbagai daerah.

"Hari ini diresmikan JFT 2024 atau kegiatan Grebek UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai langkah upaya peningkatan kapasitas pelaku UMKM di Yogyakarta yang mencerminkan dukungan penuh terhadap gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan beriwasata di Indonesia," ujar Ma'ruf Amin dalam pembukaan acara JFT 2024 di Pakuwon Mall Yogyakarta, pada Rabu (7/8/2024).

Selain penjualan produk, Ma'ruf Amin berharap agar JFT 2024 bisa menumbuhkan perekonomian Indonesia dan edukasi fashion bagi masyarakat Yogyakarta.

"Acara ini tidak hanya menjadi pemasaran produk penjualan dan pembiayaan produk tapi juga menjadi sarana edukasi, literasi ekonomi, dan keuangan syariah yang luas," bebernya.

"Aktivitas pariwisata dan pendidikan tinggi menyumbang hingga 60% dari perekonomian provinsi. Hal ini tentu menjadi keunggulan-keunggulan dan keistimewaan Yogyakarta sebagai Kota Pelajar, destinasi wisata, warisan budaya sekaligus pusat UMKM produktif," lanjutnya.

Ma'ruf menilai ekonomi dan keuangan syariah di kalangan masyarakat Yogyakarta telah berkembang cukup pesat.

"Untuk itu saya meyakini berbagai potensi dan peluang perekonomian dapat disinergikan dengan prinsip ekonomi dan keuangan syariah agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan." tambahnya.

Sebanyak 139 desainer berbagai provinsi ambil bagian di acara yang show management-nya ditangani Asmat Pro Yogyakarta. Mengusung tema Inspectre, JFT 2024 mampu menarik minat desainer berbagai daerah.

Melibatkan 120 model berbagai kota, JFT 2024 dimeriahkan empat desainer tamu: Sinta Masson, Ina Priyono, Lenny Agustin, Agus Sunandar. Dikoreograferi Cicko Bactiar dari Jakarta. JFT 2024 terbagi dua sesi tiap harinya. Menyajikan modest wear, kids & teen wear, gen Z, urban wear, women wear, men wear, cocktail, kebaya, evening.