Nyatakan Mundur dari Pencalonan Cawagub Jabar, Bima Arya: Partai yang Meminta

ERA.id - Eks Wali Kota Bogor yang juga politisi PAN Bima Arya menyatakan mundur dari bursa bakal calon wakil gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024. Dia mengaku hal ini merupakan perintah partai.

"Tentu sejak awal saya sudah sampaikan bahwa apabila partai memerintahkan bergerak saya bergerak, kalau maju saya maju, kalau ke kanan saya ke kanan. Tapi kalau partai meminta tidak melanjutkan, saya sami’na wa ato’na. Dengar, taati, dan ikuti," kata Bima dilansir dari Antara, Rabu (7/8/2024).

Ketua DPP PAN itu menambahkan, dia akan mendukung penuh keputusan pimpinan PAN yang berada dalam barisan Koalisi Indonesia Maju (KIM), untuk mendukung penuh Dedi Mulyadi untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jawa Barat.

Hal itu pun akan disampaikannya kepada perangkat partai PAN di Jawa Barat, lantaran setelah mendapat rekomendasi dari DPP PAN, ia telah melakukan konsolidasi ke 27 kabupaten/kota di Jawa Barat.

“Dengan siapapun Kang Dedi berpasangan, kami akan tetap mendukung. Dari informasi, Kang Dedi akan berpasangan dengan kader dari Partai Golkar. Saya mendukung dan saya akan sampaikan ke perangkat partai di Jawa Barat,” kata Bima.

Dia pun mengucapkan terima kasih atas banyaknya dukungan masyarakat kepada dirinya.

"Terima kasih dukungan dan pemberitaannya, telah dibaca, didengar, dan dipikirkan warga pemilih di Jawa Barat. Kita doakan Pilgub Jawa Barat menjadi pemilihan yang mencerahkan dan bertabur gagasan,” katanya.

Sebelumnya, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengaku belum ada kesepakatan antar ketua umum KIM terkait bacawagub Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024.

Hal itu merespons klaim Partai Gerindra yang menyebut Dedi Mulyadi bakal diduetkan dengan kader Partai Golkar di Pilgub Jawa Barat 2024.

"Kembali lagi, kesepakatan itu baru bisa kita capai ketika para ketum ini duduk bersama," kata Eddy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Dia mengatakan, dalam pertemuan itu tentunya masing-masing partai akan mengusulkan tokoh untuk dipertimbangkan untuk disandingan dengan Dedi Mulyadi.

Eddy lantas kembali menyebut, PAN tetap akan menyodorkan kadernyan yaitu mantan Wali Kota Bogor Bima Arya dan Anggota DPR Desy Ratnasari.

"Nanti akan ada yang mengajukan calon juga mungkin ya seperti yang kita sampaikan PAN kan kita sudah punya nih, kita punya calon wakil nih namanya Bima Arya atau Desy Ratnasari untuk Jawa Barat," katanya.