Bicara Pentingnya Pendidikan, Anies Singgung Hasil Pembangunan SDM Tak Bisa Dilihat Dalam Waktu Singkat

ERA.id - Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Rasyid Baswedan menyoroti pentingnya pendidikan yang berkeadilan dan berkualitas. Dia menyebut, hal itu menjadi salah satu aspek prioritas dan terpenting untuk membangun kualitas sumber daya manusia (SDM).

Hal ini Anies sampaikan saat menjadi keynote speech dalam acara 'Simposium Peta Jalan Pendidikan Indonesia' Partai NasDem di Akademi Bela Negara NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan. 

"Dalam ikhtiar pembangunan salah satu aspek terpenting dan prioritas paling utama adalah pembangunan kualitas manusia. Ini utamanya, pembangunan ini tentang manusia dan itu artinya aspek sehat terdidik itu menjadi aspek yang sangat mendasar," kata Anies, Kamis (8/8/2024).

"Nah, disisi lain, sehat dan terdidik ini hasilnya jangka panjang," sambungnya. 

Anies menjelaskan, pembangunan SDM hasilnya tidak bisa langsung dilihat dalam pemilu mendatang. Tetapi, dampak dari upaya ini baru dapat dirasakan pada jangka panjang.

"Semua yang sifatnya pembangunan manusia itu tidak bisa dilihat hasilnya untuk pemilu besok. Jadi kalau mengharap sesuatu harapannya itu ditunjukan pada pemilu besok, biasanya bukan pembangunan manusia karena pembangunan manusia hasilnya jangka panjang," jelas dia.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini menilai, dalam membangun SDM, partai politik kerap dihadapkan pada situasi dilema.

"Partai politik dihadapkan dalam situasi sering dilema. Satu sisi, merasa bahwa pembangunan manusia seperti ini tapi jangka panjang, sisi lain siklus politik itu lima tahunan, pemerintah juga gitu," ungkap Anies.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu pun berharap agar simposium yang diadakan Akademi Bela Negara NasDem ini bisa berkelanjutan pada komitmen partai dan fokus terhadap pendidikan.

"Karena partai tidak didirikan untuk sekadar satu dua pemilu, tapi untuk sebuah visi dan misi jangka panjang dan itu artinya konsentrasi pada pendidikan," ujar Anies.