Tolak Permintaan Ukraina Soal Penangkapan Putin, Meksiko: Bukan Urusan Kami!

ERA.id - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menolak permintaan dari pemerintah Ukraina untuk menangkap Presiden Rusia Vladimir Putin. Obrador menekankan penangkapan Putin bukan urusan dari Meksiko.

"Kami tidak dapat melakukan itu. Itu bukan urusan kami," katanya, dikutip Reuters, Jumat (9/8/2024).

Pemerintah Ukraina sebelumnya meminta bantuan kepada Meksiko untuk menangkap Vladimir Putin bila menghadiri upacara pelantikan Presiden terpilih Claudia Sheinbaum pada 1 Oktober mendatang. Permintaan yang diajukan kedutaan besar Ukraina di Meksiko pada 7 Agustus itu merujuk pada surat perintah penangkapan Putin yang dikeluarkan oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) PBB.

Tim Sheinbaum mengundang presiden Rusia untuk menghadiri pelantikan, dengan mencatat awal minggu ini bahwa mereka telah mengirim pemberitahuan diplomatik ke semua negara yang menjalin hubungan diplomatik dengan Meksiko.

"Kami berharap pemerintah Meksiko menyadari bahwa Vladimir Putin adalah penjahat perang yang telah memiliki surat perintah penangkapan terhadapnya," kata kedutaan Ukraina dalam pernyataannya,

ICC sebelumnya mengeluarkan surat perintah penangkapan kepada Putin tahun lalu, menuduhnya melakukan kejahatan perang karena mendeportasi ratusan anak secara ilegal dari Ukraina ke Moskow. Tindakan itu dilakukan ketika invasi Rusia itu dilakukan pada awal tahun 2022.

Rusia sendiri bukan anggota ICC, namun Meksiko adalah anggotanya.