PKS, Gerindra, dan PAN Bidik 5 Daerah

Jakarta, Era.id - Tiga pimpinan partai berkumpul di kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membahas konstelasi politik nasional terkini. Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Al Jufri dan Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman menjadi tuan rumah bagi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Pertemuan tertutup yang usai pada pukul 22.00 WIB itu menghasilkan kesepakatan politik menuju pertarungan pilkada yang diadakan serentak di 171 daerah pada 2018 nanti. Ada lima daerah yang menjadi target pemenangan bersama ketiga partai tersebut.

“Di beberapa provinsi kami sudah menyepakati bahwa kami akan bersama sama di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, dan Maluku Utara,” ungkap Sohibul setelah menggelar rapat tertutup di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (24/12/2017).

Sohibul mengatakan, pembahasan tersebut belum termasuk Pilkada Jawa Timur. Sementara, terkait nama-nama dari tiap-tiap provinsi yang sudah di sepakati akan diumumkan kembali setelah PKS, Gerindra dan PAN membahasnya di majelis tinggi masing-masing. 

Khusus PKS, Rabu (27/12) nanti akan menggelar rapat tingkat pusat untuk membahas lebih dalam terkait nama-nama kader partai yang bakal dijagokan nanti. 

“Saya kira itu dari provinsi-provinsi yang kita sepakati. Ada beberapa yang kita pending terkait Jawa Timur. Mudah-mudahan setelah tahun baru kita akan punya kesimpulan,” kata Sohibul.