6 Cara Membakar Kalori tanpa Olahraga, Salah Satunya Tertawa

ERA.id - Apakah Anda ingin menurunkan berat badan tapi malas berolahraga? Jangan khawatir, karena terdapat beberapa cara membakar kalori tanpa olahraga yang lumayan efektif dilakukan.

Artikel ini akan mengungkap berbagai aktivitas sederhana yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk membakar kalori ekstra. Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan:

Cara Membakar Kalori tanpa Olahraga

1. Berada pada Suhu Dingin

Paparan suhu dingin dapat membantu meningkatkan laju metabolisme Anda dengan merangsang aktivitas lemak coklat dalam tubuh Anda.

Meskipun simpanan lemak Anda sebagian besar terdiri dari lemak putih, tetapi juga termasuk sejumlah kecil lemak cokelat. Kedua jenis lemak tubuh ini memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi utama lemak putih adalah penyimpanan energi, meskipun memiliki terlalu banyak jaringan lemak putih dapat meningkatkan peradangan dan resistensi insulin.

Sebaliknya, fungsi utama lemak cokelat adalah menjaga suhu tubuh selama paparan dingin.

Efek pembakaran kalori dari lemak cokelat telah terbukti bervariasi di antara individu. Secara umum, orang yang obesitas tampaknya memiliki lemak cokelat yang kurang aktif daripada orang dengan berat badan normal.

2. Minum Air Dingin

Air adalah minuman terbaik untuk menghilangkan dahaga dan menjaga hidrasi.

Minum air juga telah terbukti dapat meningkatkan metabolisme pada orang dewasa dan anak-anak dengan berat badan normal dan kelebihan berat badan.

Sekelompok peneliti melaporkan bahwa 40% dari peningkatan laju metabolisme adalah hasil dari tubuh Anda menghangatkan air hingga mencapai suhu tubuh tertentu. Pada dua penelitian terhadapat orang dewasa menemukan bahwa minum 500 ml air dingin dapat meningkatkan pembakaran kalori sebesar 24-30% selama 90 menit.

Air adalah minuman terbaik untuk melancarkan metabolisme (freepik)

3. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi asupan kalori saat ngemil. Beberapa bukti menunjukkan bahwa permen karet juga dapat membantu mempercepat metabolisme Anda.

Dalam sebuah penelitian kecil, pria dengan berat badan normal mengkonsumsi makanan pada empat kesempatan terpisah. Mereka membakar lebih banyak kalori secara signifikan setelah makan setelah mereka mengunyah permen karet.

Penelitian lainnya, menunjukkan mengunyah permen karet selama 20 menit setelah setiap makan dapat meningkatkan laju metabolisme, dibandingkan dengan tidak mengunyah permen karet.

4. Donor darah

Pengambilan darah dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Ketika Anda donor darah, tubuh akan menggunakan energi untuk mensintesis protein baru, sel darah merah, dan komponen darah lainnya guna menggantikan apa yang telah hilang.

Namun, mendonorkan darah bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan setiap hari. Secara umum, Anda perlu menunggu setidaknya delapan minggu untuk memulihkan pasokan darah Anda.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mendonorkan darah dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk menurunkan peradangan, meningkatkan aktivitas antioksidan, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Gelisah

Konsep pembakaran lemak ini dikenal sebagai thermogenesis aktivitas non-olahraga (NEAT), yang mencakup kegelisahan.

Perlu diketahui, gelisah melibatkan gerakan tubuh yang gelisah, seperti mengayunkan kaki berulang kali, mengetuk jari di meja, dan bermain dengan cincin.

Dalam satu studi, orang yang gelisah saat duduk atau berdiri terbukti membakar lima hingga enam kali lebih banyak kalori.

6. Sering tertawa

Tertawa adalah obat terbaik. Memang, penelitian telah mengkonfirmasi bahwa tertawa dapat meningkatkan banyak aspek kesehatan mental dan fisik, termasuk memori, kekebalan, dan fungsi arteri.

Dalam satu studi, 45 pasangan menonton film yang lucu atau serius. Saat mereka tertawa selama menonton film yang lucu dan laju metabolisme mereka meningkat sebesar 10–20%.

Selain membakar kalori tanpa olahraga, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…