Agus Gumiwang Kartasasmita Resmi Jadi Plt Ketua Umum Golkar

ERA.id - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar. Keputusan ini berdasarkan hasil rapat pleno yang digelar pada Selasa (13/8/2024) malam.

"Alhamdulillah, kami baru saja menyelesaikan rapat pleno DPP Partai Golkar yang salah satu agendanya adalah mengesahkan pengunduran diri dari Ketua Umum Bapak Airlangga Hartarto dan kemudian secara konsekuensi menunjuk plt ketua umum," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Meutya Hafid dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024) malam.

"Rapat pleno telah mengesahkan Plt Ketua Umum adalah yang terhormat Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Agus Gumiwang mengatakan, sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar, ia memiliki tugas untuk mengantarkan partai menuju agenda Musyawarah Nasional (Munas).

"Dalam rapat pleno yang baru saja selesai, secara musyawarah dan mufakat, secara musyawarah dan mufakat saya diberikan amanah untuk memimpin Partai Golkar sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar," ujar Agus.

"Dan tugas utama saya sebagai Plt Ketua Umum Partai Golkar adalah mengantarkan Golkar menuju Rapimnas dan Munas ke-11 Partai Golkar," imbuh dia.

Diketahui, Airlangga Hartarto secara mendadak menyampaikan mengundurkan diri dari posisi ketua umum Partai Golkar pada Minggu (11/8). Alasannya karena urusan pribadi.

Menyikapi dinamika tersebut, DPP Partai Golkar segera menggelar rapat pleno untuk menentukan Plt ketua umum dan jadwal rapimnas dan munas.