Plt Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Bertugas Siapkan Munas

ERA.id - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar. Keputusan ini berdasarkan hasil rapat pleno yang digelar pada Selasa (13/8/2024) malam.

Penunjukan Agus Gumiwang menggantikan Airlangga Hartarto yang menyatakan mundur dari kursi ketua umum partai berlogo pohon beringin tersebut.

"Plt itu bertugas, yaitu untuk melaksanakan Munas," kata Ketua DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Selain itu, dia mengatakan, plt ketua umum juga berperan mengawal sikap partai dalam Pilkada 2024 mendatang.

"Peran untuk Pilkada ya pasti karena kan proses untuk Pilkada kan berjalan terus. Akan tetapi, walaupun nanti pada saat ketum definitifnya terpilih, beliau lah yang mengeluarkan rekomendasi-rekomendasi tersebut," ujar Dave. 

Lebih lanjut Dave menjelaskan, selain memilih plt ketua umum, rapat pleno juga akan membahas dan menentukan jadwal pelaksanaan Munas.

"Kita targetkan nanti juga akan diputuskan di pleno," ujar Dave.

Munas Golkar rencananya digelar pada Desember 2024. Namun, menurut Dave, pelaksanaannya perlu dipercepat.

Sebab, jelas dia, pendaftaran pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2024 akan dilakukan pada 27 Agustus mendatang. Ia menyebut, pada tahap tersebut sudah harus ada ketua umum partai yang definitif.

"Saya pribadi harus sesegera mungkin (dilaksanakan Munas), karena mengingat pendaftaran Pilkada akan dimulai pada tanggal 27 Agustus. Jadi sebelum itu harus sudah selesai," jelas Dave.

"Karena kan untuk pendaftaran itu harus (ketua umum) definitif tidak bisa plt," sambung Anggota Komisi I DPR RI itu.

Diketahui, Airlangga Hartarto secara mendadak menyampaikan mengundurkan diri dari posisi ketua umum Partai Golkar pada Minggu (11/8). Alasannya karena urusan pribadi.

Menyikapi dinamika tersebut, DPP Partai Golkar segera menggelar rapat pleno untuk menentukan Plt ketua umum dan jadwal rapimnas dan munas pada Selasa (13/8).