SBY Absen Sidang Tahunan MPR 2024, Ibas: Ada Syukuran Setahun Museum

ERA.id - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengungkap alasan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak hadir dalam Sidang Tahunan MPR 2024. Dia menyebut, ayahnya sedang berada di Pacitan, Jawa Timur untuk mengikuti kegiatan syukuran Museum SBY-Ani.

"Kebetulan Pak SBY tahun ini sedang berada di Pacitan karena ada sykuran 1 tahun museum SBY-Ani. Tentu sebagai pendiri dan penggagas museum tersebut, beliau ingin hadir secara langsung memberikan semacam selametan gitu ya agar usia museum di masa depan juga terus baik dan bisa bermanfaat untuk generasi generasi selanjutnya," kata Ibas saat tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar mengatakan, para mantan presiden dan wakil presiden telah mengkonfirmasi hadir dalam Sidang Tahunan MPR 2024 yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). Salah satunya, yakni Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

"Sudah, mantan presiden itu yang hadir itu Megawati, hadir kemudian Bapak Try Sutrisno, Pak Jusuf Kalla, Pak Boediono, Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) enggak hadir," kata Indra kepada wartawan.

Sementara itu, Indra mengungkapkan, presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029 tidak diundang secara formil dalam acara tahunan ini. Alasannya, keterbatasan tempat sidang yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk presiden terpilih dan wapres terpilih secara formil tidak kami undang mengingat keterbatasan-keterbatasan, karena hari ini tata letak kursi bebeda dari tahun-tahun sebelumnya. Di panggung utama itu hanya ada presiden wapres dan pimpinan sidang Ketua MPR, DPR, DPD," jelas Indra.

"Jadi kalau selama ini jajaran menteri kabinet di stage utama, ini akan ditempatkan di Blok B yang selama ini ditempati duta besar. Dubes akan digeser ke Blok E bersama dengan anggota DPR, DPD di bagian belakang. Karena keterbatasan itu, maka presiden terpilih dan wapres terpilih tidak diundang," sambungnya.

Meski demikian, dia menjelaskan, Prabowo Subianto bakal menghadiri sidang tahunan ini. Prabowo hadir dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) dan Ketua Umum Partai Gerindra.

"Hanya Pak Prabowo akan hadir sebagai dua, sebagai Menhan, kedua sebagai ketum partai," ungkap Indra.

Sidang Tahunan 2024 akan mengangkat tema Nusantara Baru, Indonesia maju. Untuk memperkuat tema, ornamen serta interior hingga tata lampu pada venue acara akan ditampilkan lebih ekspresif dan menonjolkan dekorasi batik.

"Sidang tahunan kali ini sangat spesial karena ini juga merupakan sidang terakhir di sisa periode DPR, DPD dan MPR periode 2019-2024," kata Ketua DPR Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Akan ada tiga agenda dalam Sidang Tahunan 2024, yaitu pertama Sidang Tahunan MPR RI dalam rangka HUT RI yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan para tamu undangan.

Kemudian Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di mana tahun ini DPR menjadi tuan rumah. Pada agenda Sidang bersama DPR dan DPD esok, Puan akan menyampaikan pidato kenegaraan.

Lalu agenda ketiga pada rangkaian Sidang Tahunan adalah Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan terakhir DPR untuk periode 2019-2024.