Megawati Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR, Puan Maharani: Ada Acara Lain

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengatakan, alasan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berhalangan menghadiri Sidang Tahunan MPR tahun 2024 karena ada acara lain.

"Beliau enggak bisa hadir, ada acara lain," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Dia menegaskan, tak ada alasan khusus di balik ketidakhadiran Megawati. Ketua DPR itu menambahkan, tak ada masalah apapun yang menyebabkan Megawati absen ke Sidang Tahunan MPR tahun ini.

"Biasa aja. Kalau enggak hadir kaya kenapa, sehat-sehat saja," kata Puan.

Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tak terlihat hadir di Sidang Tahunan MPR tahun 2024.

Sebelumnya, Sekjen DPR RI Indra Iskandar sempat mengkonfirmasi kehadiran Megawati. Dia hanya menyebut Presiden keenam RI Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) saja yang tak hadir.

"Mantan presiden, wakil presiden yang hadir itu Ibu Megawati konfirmasinya tadi pagi hadir, kemudian wakil presiden bapak Try Soetrisno, Jusuf Kalla, kemudian Pak Budiono," kata Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Namun, berdasarkan pantauan, Megawati tak terlihat di jajaran kursi tamu VIP. Hanya ada sejumlah wakil presiden terdahulu.

Selain itu, juga terlihat ketua-ketua umum partai politik. Diantaranya yaitu Ketua Umum Partai Gerindra yang juga presiden terpilih Prabowo Subianto, Plt Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Kemudian juga ada Ketua Umum PKB yang juga Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum PAN Zulkilfi Hasan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono.