Puan Pastikan Megawati Tak Ikut Upacara HUT RI di IKN: Ada Acara Partai

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani memastikan Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri tak akan menghadiri upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara, Sabtu (17/8).

Megawati bakal memimpin upacara bendera dalam rangka Hari Kemerdekaan bersama kader PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Ada acara di Lenteng Agung dengan struktur partai, dan acaranya (upacara bendera di Istana) kan di IKN," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Dia mengatakan, dirinya yang akan menghadiri upacara HUT ke-79 RI di IKN. Selain mewakili Megawati, kehadirannya juga sebagai Ketua DPR RI.

"Jadi insyaallah saya yang ke IKN," kata Puan.

Adapun Puan baru saja memimpin sidang bersama DPR-DPD dan rapat paripurna pembukaan persidangan I masa sidang 2024-2025.

Dia mengatakan akan langsung bertolak ke Balikpapan bersama sejumlah pimpinan MPR dan DPR untuk mengikuti upacara bendera hari kemerdekaan di IKN esok hari.

"Insyaallah (langsung berangkat ke IKN)," kata Puan.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membenarkan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri tidak hadir dalam upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Hasto mengatakan, Mega bakal menjadi inspektur upacara di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Undangan dari Presiden RI terhadap Bu Megawati Soekarnoputri telah diterima melalui Bapak Pramono Anung selaku Menteri Sekretaris Kabinet," kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (15/8).

"Pada saat bersamaan, dari pengurus satgas partai, DPC, dan DPD mengharapkan kehadiran Bu Megawati untuk berkenan menjadi inspektur upacara di sekolah partai, di depan Masjid At Taufiq," tambah Hasto.

Meski demikian, kehadiran Mega telah diwakili oleh sang putri Puan Maharani selaku Ketua DPR dan Ketua DPP PDIP.

"Karena ada Mbak Puan yang hadir di IKN nanti, ada representasi Bu Mega yang sudah hadir, termasuk menteri-menteri dari PDI Perjuangan. Tentu Ibu akan hadir di Sekolah Partai," ujar Hasto.