Pagelaran Sabang Merauke 2024, Paduan Budaya Nusantara hingga Penampilan Yura Yunita dan Isyana Sarasvati

ERA.id - Pagelaran Sabang Merauke 2024 akan digelar di JIExpo Theater Kemayoran, Jakarta Utara, pada 17 dan 18 Agustus. Pagelaran ini menyajikan paduan budaya Nusantara hingga penampilan dari Yura Yunita hingga Isyana Sarasvati. 

“Ini memadukan seluruh seni ya, mulai dari tari daerah, musiknya, kontemporer. Ini sebuah kolaborasi yang luar biasa, budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” kata Direktur BCA, Antonius Widodo Mulyono, saat konferensi pers Jumat (16/8/2024). 

“Indonesia sangat luar biasa kalau bicara warisan budaya. Kita bisa menyaksikan keberagaman Indonesia di sini,” tambahnya. 

Pagelaran Sabang Merauke 2024 kembali menyajikan pertunjukkan teatrikal, tentang anak muda yang berpetualang menglilingi Indonesia. Tak hanya seni teater, pagelaran juga menghadirkan tarian daerah dengan penari yang diseleksi dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada preview bersama awak media, tampak pagelaran ini dibuka dengan penampilan tarian dan musik daerah kawasan Pulau Sumatera, dimulai dari Aceh. Kemudian dilanjutan dengan daerah di pulau lainnya, hingga berakhir di Papua. 

Musisi populer seperti Yura Yunita dan Isyana tampil spesial membawakan beberapa lagu daerah. Yura Yunita menyanyikan lagu “Lancang Kuning”, “Bandung”, “Walang Kekek”, hingga “Aku Papua”.

Isyana sendiri tampil menyanyikan lagu daerah “Melati Suci”, “Bubuy Bulan”, hingga “Hela Rotane”. Isyana dan Yura tak hanya bernyanyi, tetapi juga menari bersama penari lainnya di atas panggung. 

“Isyana tahun lalu sudah terlibat, ternyata Isyana cocok sekali di sini, sayang kalau Isyana tidak dilibatkan lagi. Yura bagus dan dia juga kepengin ikut pagelaran dari tahun lalu. Cuma karena waktunya sibuk, dia bisanya tahun ini,” kata CEO & President Director iForte. 

Selain Isyana Sarasvati dan Yura Yunita, Pagelaran Sabang Merauke 2024 ini juga dimeriahkan oleh beberapa seniman populer Indonesia lainnya. Mulai dari Indra Bekti, Mirabeth, Yan Yosua, Christine Tambunan, hingga Yuyun Arfah.