Di Rapimnas, Bamsoet Sebut Airlangga Hartarto Kader Terbaik Golkar

ERA.id - Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengatakan, keputusan Airlangga Hartarto mundur dari jabatan Ketua Umum Golkar menjadi hal yang mengejutkan. Namun, menurut dia, Airlangga merupakan kader terbaik yang pernah dimiliki partai berlogo pohon beringin ini.

Hal ini disampaikan Bamsoet saat memberi sambutan selaku Ketua Penyelenggara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (20/8/2024).

"Sebagaimana kita ketahui bahwa terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2024, Bapak Airlangga Hartarto telah menyatakan pengunduran diri dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar. Meskipun keputusan ini mengejutkan, tentunya kita semua harus menghormati keputusan beliau," kata Bamsoet.

"Pak Airlangga adalah salah satu kader terbaik yang pernah dimiliki oleh Partai Golkar," sambungnya.

Bamsoet menyebut, hal tersebut salah satunya terbukti dari perolehan suara Partai Golkar pada Pemilu 2024 yang menempati posisi kedua teratas.

"Ini dibuktikan ketika dibawah kepemimpinan beliau, Golkar sukses menempati urutan kedua dengan suara terbanyak pada pemilu 2024 yang baru saja kita lalui bersama," ungkap dia.

Kemudian, lanjut dia, menyikapi pengunduran diri Airlangga, Partai Golkar telah menggelar rapat pleno pada 13 Agustus 2024. Dalam rapat itu memutuskan penetapan Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum.

Adapun Bamsoet mengungkapkan sebanyak 500 peserta hadir dalam Rapimnas Golkar hari ini. Mereka terdiri dari pengurus pleno DPP Partai Golkar, Dewan Pembina, Dewan Kehormatan, dan Dewan Etik Partai Golkar.

"Kemudian dihadiri oleh organisasi sayap, AMPG, KPPG  dan Hasta Karya yang terdiri dari Soksi, Kosgoro, MKGR, pengajian Al Hidayah, AMPI, MGI. Kemudian dihadiri juga oleh sekretaris dan bendahara Partai Golkar tingkat provinsi seluruh Indonesia," ungkap Bamsoet.