Tinggi Antioksidan, Rutin Konsumsi Apel Bantu Menangkal Radikal Bebas hingga Dampak Polusi di Tubuh

ERA.id - Polusi udara menimbulkan radikan bebas yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dengan itu, dibutuhkan penangkal risiko dari radikal bebas dari polusi udara, salah satu caranya dengan mengonsumsi apel. 

Ahli gizi mengatakan bahwa mengonsumsi apel baik untuk menangkal radikal bebas akibat polusi, lantaran mengandung antioksidan yang tinggi. Tak hanya itu, apel juga mengandung anti-inflammatory yang membantu mengurangi peradangan. 

“Apel itu tinggi antioksidan dan kandungan antiinflamasi. Manfaatnya bisa menangkal radikal bebas,” kata ahli gizi atau nutrisionist, Vania S. Gz, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (20/8/2024). 

Menurut Vania untuk mengatasi dampak buruk radikan bebas akibat polusi tidak bisa hanya dengan dari luar tubuh, seperti memakai masker. Penangkalan dari dalam tubuh juga sangat penting, sehingga mengonsumsi apel bisa jadi salah satu solusinya. 

“Nggak cukup (menghadapi radikal polusi hanya dengan masker), harus dari dalam juga,” tuturnya. 

Selain itu, mengonsumsi apel dengan rutin juga membantu menurunkan risiko infeksi pada saluran pernapasan. Apel juga baik untuk kesehatan kulit tubuh. 

“Apel juga bisa menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan. Jadi buat teman-teman yang suka ISPA, batuk-batuk, kayak nggak enak napasnya, bisa coba makan apel. Bagus juga untuk kulit,” pungkas Vania.