Usai Jebol Pagar Gedung DPR, Massa Berusaha Terobos Masuk ke Kompleks Parlemen

ERA.id - Massa pendemo di depan gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis (22/8/2024) mencoba masuk ke dalam usai menjebol pagar Kompleks Parlemen.

Pantauan ERA di lokasi, pagar di samping gedung DPR di Jalan Gatot Subroto telah dijebol massa dengan menggoyang-goyangkannya. Sebagian massa mencoba masuk dengan memanjat pagar yang sudah dijebol itu. 

Namun, pasukan huru-hara telah berada di lokasi untuk melakukan pengamanan. Mereka membentuk formasi agar tak ada massa yang menerobos masuk ke dalam Kompleks Parlemen. Beberapa petugas yang berjaga membawa pelontar gas air.

Sejumlah pendemo dan polisi pun terlibat adu mulut. Massa meminta masuk ke dalam namun tak diizinkan petugas berbaju preman.

"Kalau kalian masuk, ini ribut semua jadinya," ujar polisi ke perwakilan massa.

Massa masih bertahan di depan gedung DPR. Sebagian orang beberapa kali mencoba merusak kembali pagar di depan gedung DPR. Jalan Gatot Subroto di depan DPR telah ditutup. Belum diketahui demonstrasi ini berlangsung sampai kapan.

Di sisi lain, pintu masuk belakang gedung DPR juga turut dijebol oleh massa dari mahasiswa. Terlihat orator terus menyuarakan penolakannya terhadap RUU Pilkada. Sementara pasukan keamanan menjaga ketat pintu masuk bagian depan dan belakang dari Kompleks DPR itu.