Jelang JICAF 2024, Seniman Kreatif Pinot Sabet Penghargaan Iconic Creator Award

ERA.id - Penghargaan Iconic Creator Award diberikan kepada maestro ilustrator dan seniman kreatif ternama Indonesia, Pinot. Penghargaan tersebut diberikan oleh Jakarta Illustration and Creative Arts Fair (JICAF) yang bekerja sama dengan Senayan City dalam program Glorify Indonesia. 

Co-Founder JICAF, Novrizal Pratama mengatakan bahwa pemberian penghargaan tersebut kepada Pinot sebagai salah satu rangkaian menuju digelarnya JICAF 2024. Pemberian penghargaan ini sebagai apresiasi Pinot dan usaha untuk semakin memperkenalkan seniman Indonesia. 

“Iconic Creator Award 2024 merupakan salah satu rangkaian acara menuju JICAF 2024 yang akan dilaksanakan pada 19 September - 6 October 2024. Untuk memberikan apresiasi terhadap ikon ilustrasi dunia, yakni Pinot yang berasal dari Indonesia dan ingin menebarkan semangat tersebut ke masyarakat luas,” kata Novrizal Pratama saat konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu (21/8/2024).  

“Secara bersama-sama kami ingin mensejajarkan ilustrator-ilustrator kebanggaan Indonesia dengan seniman-seniman dunia dan juga memperkenalkan mereka ke kalangan lebih luas,” tambahnya.  

Pinot sendiri berada di Amerika Serikat, tidak bisa hadir langsung pada acara pemberian penghargaan di Indonesia karena masih dalam pemulihan usai mengalami stroke. Meski demikian ia merasa terhormat karyanya bisa diapresiasi dan berharap seniman Indonesia lainnya bisa terus berkarya bahkan ke luar negeri seperti dirinya.  

“I’m humbled karena ada apresiasi terhadap sebuah karya yang didasari atas dorongan bermain. Saya juga terharu karena karya saya bisa diterima dan dinikmati semua usia dan kalangan. Saya harap seniman Indonesia percaya diri untuk berkarya di luar negeri. Sudah saatnya dunia tahu potensi dan talenta seni bangsa ini,” tutur Pinot. 

Istri Pinot, Dita W. Yolashasanti yang hadir mewakili dirinya mengatakan bahwa Pinot terharu dan menangis ketika tahu ia mendapat penghargaan tersebut.  

“Terharu ya, dia nangis. Merasa terhormat sekali. Seniman itu jarang dihargai ya, terutama di sini (Indonesia). Jadi pada saat kami mendengar dia akan mendapat penghargaan kami merasa terhormat sekali, dan semakin ada harapan untuk kehidupan seniman Indonesia,” ungkap Dita.  

Wahyu Ichwandardi atau biasa disapa Pinot adalah seorang animator Indonesia yang telah berkarya selama lebih dari 30 tahun di dunia animasi. Ia berkontribusi dalam promosi film Stranger Things, Mr. Robot, dan juga pernah bekerja sebagai Senior Content Creator di Vayner Media. 

Lahir di Surabaya pada 29 Oktober 1969, Pinot merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung dan memulai kariernya sebagai desainer grafis berita pada tahun 1994. Kariernya semakin cemerlang saat bergabung dengan agensi digital Grape Story di New York pada tahun 2014, yang kemudian membawanya bekerja sama dengan Walt Disney Pictures.