Jokowi Pakai Baju Biru saat Hadiri Kongres PAN: Biar Gantengnya Sama Seperti Pak Zul

ERA.id - Presiden Joko Widodo menghadiri Kongres ke-6 sekaligus perayaan HUT ke-26 Partai Amanat Nasional (PAN). Terlihat kepala negara mengenakan kemeja berwarna biru seperti warna PAN.

Dalam sambutannya, dia mengaku sengaja memakai kemeja berwarna biru karena terinspirasi oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, yang terlihat tampan mengenakan baju biru di foto poster Kongres PAN yang terpampang di Times Square, New York.

"Pak Zulkifli Hasan berbaju biru dan ganteng sekali, ganteng sekali. Sehingga malam hari ini saya juga memakai baju biru, supaya ketualaran gantengnya Pak Zul," kata Jokowi di Jakarta, Jumat (23/8/2024).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengaku senang bisa hadir di acara PAN. Sebab, partai berlambang matahari itu punya ide tak biasa untuk mempromosikan agenda partai, yaitu dengan memasang poster di Times Square, New York, Amerika Serikat. 

Dia mengaku sempat heran dengan ide tersebut, namun dia menyimpulkan bahwa langkah itu justru menunjukan PAN memang partai politik yang terdepan.

"Satu-satunya kongres partai yang promosinya sampai ke Times Square, sampai ke New York, Amerika Serikat. Saya lihat geleng-geleng saya," kata Jokowi.

"Kadang-kadang saya berpikir, ini kok ada saja idenya, ada saja gagasannya. Pasang iklan di Time Square New York. Tapi akhirnya saya berkesimpulan, saya berkesimpulan, yang harus diakui PAN memang terbukti yang terdepan," imbuhnya. 

Eks gubernur DKI Jakarta itu juga memuji kepemimpinan Zulkifli Hasan di PAN karena mampu menghadirkan wajah-wajah muda dan segar. Dia pun berkelakar bahwa hal itu menandakan bahwa jabatan ketua umum PAN masih akan terus dipegang oleh Zulkifli.

"Setiap saya datang ke Partai Amanat Nasional, saya selalu melihat wajah-wajah segar, wajah-wajah muda, wajah-wajah yang berseri-seri, wajah-wajah yang riang gembira seperti yang tadi Pak Zul sampaikan. Sehingga terlihat sekali kalau kader PAN ini sangat kerasan dengan Pak Zulkifli Hasan. Maka sepertinya, ini sepertinya, sepertinya lho ya, keberlanjutan kepemimpinan Pak Zulkifli Hasan di PAN saya rasa memang besar ada harapan," kata Jokowi.

"Tapi kembali semuanya kembali tergantung bapak ibu saudara-saudaraku semuanya, tergantung seluruh kader PAN para peserta Kongres ke-6 PAN," pungkasnya.