Anies Ungkap Alasan Hadiri Kongres NasDem Meski Surya Paloh Sudah Tarik Dukungan di Pilgub Jakarta

ERA.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengungkap alasannya tetap menghadiri Kongres III Partai NasDem meski partai itu telah menarik dukungan untuk dirinya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Sebagai informasi, sebelumnya Partai NasDem telah menyatakan dukungan terhadap Anies untuk maju sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jakarta 2024. Namun, belakangan partai ini justru menarik dukungannya dan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung Ridwan Kamil.

"Iya, saya tentu akan datang ketika diundang oleh Partai NasDem untuk hadir di kongresnya. Tadi rasa hormat atas perjuangan bersama selama ini, kebersamaan selama ini, dan Pak Surya Paloh selalu sampaikan situasi dengan terus terang. Apa adanya," kata Anies kepada wartawan usai menghadiri Kongres III NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (25/8/2024) malam.

"Dan beliau sampaikan seluruh pertimbangan-pertimbangan untuk bisa kemudian menjadi keterbukaan yang bisa dimengerti," sambungnya.

Anies menjelaskan ia hadir dalam kongres ini karena diundang oleh Partai NasDem. Apalagi, menurut dia, dirinya dan NasDem merupakan saudara sebangsa.

"Ada saat di mana kita bisa berjalan bareng. Ada saat di mana kita tidak bisa berjalan bareng. Tapi bukan berarti kemudian persaudaraan selesai, persahabatan selesai, dijaga terus," ujarnya.

"Jadi saya merasa terima kasih atas undangannya. Dan kita terus komunikasi, kita terus berinteraksi. Perjuangan untuk Indonesia tidak pernah selesai. Perjuangannya masih panjang. Kita akan jalan bersama-sama," imbuh dia.