38 DPW Sepakat Minta Surya Paloh Kembali Jadi Ketua Umum NasDem

ERA.id - Ketua Steering Committee (SC) Kongres III NasDem, Willy Aditya mengatakan, sebanyak 38 DPW sepakat untuk mengusulkan kembali Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai NasDem. Termasuk juga organisasi sayap dan badan menyatakan hal serupa.

"Semuanya tadi 38 DPW, bersepakat mengusulkan kembali bapak Surya Paloh sebagai calon ketua umum," kata Willy dalam konferensi pers disela-sela Kongres III NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Senin (26/8/2024).

Willy menyebut, kondisi ini membuat peluang Surya Paloh terpilih secara aklamasi di Kongres III NasDem semakin kuat. 

Namun, ia menjelaskan, usulan dari 38 DPW itu bakal diserahkan kepada Majelis Tinggi Partai NasDem lebih dulu. Nantinya, Majelis Tinggi lebih dulu merapatkan usulan ini dan akan ditetapkan pada Selasa (27/8).

"Secara aspirasi ya meminta aklamasi untuk Pak Surya (jadi ketua umum lagi). Cuma kita punya mekanisme kepartaian, Majelis Tinggi," jelas dia 

"Mulai hari ini sampai besok Majelis Tinggi akan rapat terkait dengan calon ketua umum ini dan beberapa hal," sambungnya.

Lebih lanjut Willy menekankan, mekanisme kepartaian melalui Majelis Tinggi ini yang membedakan Kongres III dengan kongres sebelumnya terkait pemilihan ketua umum.

"Itu yang berbeda dengan kongres pertama. Kongres pertama secara mekanisme dia belum utuh, maka kemudian langsung ditetapkan oleh kongres secara aklamasi, tapi setelah itu ada mekanisme kepartaian disahkan dan ditetapkan melalui Majelis Tinggi," ungkap Willy.