iPhone 16 Pro Max Segera Meluncur, Apa Saja Kecanggihannya?

ERA.id - Kabar iPhone 16 dan iPhone 16 Pro Max yang segera diluncurkan oleh Apple menjadi sorotan bagi para pecinta teknologi belakangan ini.

Rencananya, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini bakal merilis ponsel terbarunya ini pada September mendatang. Kehadiran iPhone 16 dan 16 Pro Max hadir dengan peningkatan performa yang mengesankan.

Spesifikasi iPhone 16 Pro Max

Berikut beberapa penjelasan terkait kecanggihan serta keunggulan dari iPhone 16 series, termasuk Pro Max.

Layar lebih besar

Dilansir dari laman 9to5Mac, desain keseluruhan iPhone 16 akan terlihat sama dengan iPhone 15. Apple memang memiliki satu perubahan faktor bentuk. Menurut berbagai sumber, termasuk analis terpercaya Ross Young, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan menampilkan layar yang lebih besar dari pendahulunya.

iPhone 16 Pro diantisipasi akan hadir dengan layar 6,3 inci, naik dari layar 6,1 inci iPhone 15 Pro. Demikian pula, iPhone 16 Pro Max menampilkan layar 6,9 inci, meningkat dari layar 6,7 inci iPhone 15 Pro Max.

Jika rumor ini akurat, iPhone 16 Pro Max akan menjadi iPhone terbesar yang pernah dirilis. Selain itu, ini akan menjadi perubahan pertama dalam ukuran layar iPhone sejak pengenalan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max pada tahun 2020.

Dikabarkan, iPhone 16 Pro Max bakal memiliki warna barunya dengan desain frame titanium. Desain frame titanium  dapat membuat ponsel tersebut menjadi lebih kuat dan tahan terhadap benturan. Demi menghadirkan bezel tipis di iPhone 16 Pro Max, Apple dirumorkan melakukan adopsi teknologi LIPO atau Low Injection Pressure Over-molding. 

Ponsel ini dipercaya membawa layar dengan bezel tipis dengan ukuran hanya 1,5 mm saja. Layar dengan bezel tipis diyakini bisa membawa tampilan rapi, tapi efisien serta memiliki daya tahan akan benturan yang lebih baik dibanding sebelumnya.

Daya tahan baterai dan pengisian yang lebih cepat

Seluruh jajaran iPhone 16 dilaporkan akan memiliki baterai yang lebih besar. Sebagai penyegaran, berikut adalah kapasitas baterai dari jajaran iPhone 15:

* iPhone 15: 3,349 mAh

* iPhone 15 Plus: 4,383 mAh

* iPhone 15 Pro: 3,274 mAh

* iPhone 15 Pro Max: 4,422 mAh

Dan inilah kapasitas yang dikabarkan untuk iPhone 16:

* iPhone 16: 3,561 mAh (naik 6,3%)

* iPhone 16 Plus: 4,006 mAh (turun 8,6%)

* iPhone 16 Pro: 3,355 mAh (naik 2,5%)

* iPhone 16 Pro Max: 4,676 mAh (naik 5,7%)

Ming-Chi Kuo juga telah melaporkan baterai iPhone 16 memiliki kepadatan energi yang lebih besar. Apple juga diduga menguji cara untuk membuat baterai iPhone 16 lebih mudah diganti. IPhone 16 juga menawarkan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat. Kabarnya, iPhone 16 Pro akan mendukung pengisian daya 20W dengan MagSafe dan pengisian cepat kabel 40W.

Tombol Capture

Keempat model iPhone 16 memiliki tombol Capture baru untuk kamera, terletak di sisi kanan ponsel dan di tempat yang sama dengan antena mmWave 5G yang saat ini ada di Amerika Serikat. Permukaan tombol tangkap diduga karena sensitif sentuhan.

Pengguna iPhone 16 dapat menggesek ke kiri dan kanan pada permukaan tombol tangkap untuk memperbesar dan memperkecil. Selain itu, menurut The Information, pengguna dapat memfokuskan gambar dengan menekan tombol secara ringan dan mengaktifkan rana dengan menekan tombol lebih kuat.

iPhone 16 Pro Max (Gizmodo)

Kecerdasan Apple untuk pengguna

Di WWDC tahun ini, Apple mengumumkan Apple Intelligence, rangkaian fitur AI yang akan mulai diluncurkan ke platformnya akhir tahun ini. Tetapi, untuk jajaran iPhone 16 yang akan datang dilaporkan akan didukung Apple Intelligence berkat chip baru dan lebih banyak kapasitas RAM.

Peningkatan kamera

Beberapa sumber telah melaporkan iPhone 16 Pro akan mengadopsi kamera tetraprism zoom 5x yang sama yang saat ini eksklusif untuk iPhone 15 Pro Max. Kabar ini dikuatkan oleh Ming-Chi Kuo, yang mengatakan iPhone 16 Pro akan memiliki kamera zoom 5x yang identik dengan Pro Max.

Ming-Chi Kuo telah melaporkan iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max akan menggunakan sensor kamera Sony baru untuk kamera Utama. Analis Jeff Pu telah melaporkan bahwa iPhone 16 Pro akan menggunakan kamera ultra-lebar 48 MP baru, peningkatan yang signifikan dari kamera ultra-lebar 12 MP saat ini di iPhone 15 Pro

Rilis September Mendatang

Jajaran iPhone 16 akan diumumkan dan dirilis pada bulan September 2024. Apakah kamu berencana untuk meningkatkan ke iPhone 16 atau iPhone 16 Pro Max minggu ini?