Maju Pilgub Jabar, Syaikhu-Ilham Ziarah ke Makam BJ Habibie

ERA.id - Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan putra presiden ketiga RI BJ Habibie, Ilham Habibie berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Utama Kalibata di Jakarta Selatan. Mereka ziarah ke makam Habibie dan Ainun.

Diketahui, Syaikhu-Ilham diusung PKS dan NasDem untuk maju sebagai bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024.

"Alhamdulillah saya bersama Pak Ilham Habibie dan jajaran pengurus NasDem dan PKS, alhamdulillah bisa berziarah ke makam almarhum BJ Habibie dan ibu Ainun Habibie, orang tua dari Pak Ilham Habibie," kata Syaikhu di lokasi, Rabu (28/8/2024).

Dia mengatakan, ziarah ini sekaligus untuk menyerap semangat kepahlawanan dari para pendiri bangsa, dan tokoh-tokoh nasional termasuk Habibie.

"Supaya kita termotivasi untuk lebih semangat melanjutkan perjuangan apa yang diinginkan oleh para pahlawan yang belum tertuntaskan dan kita mendapatkan juga inspirasi, motivasi, perjuangan-perjuangan luar biasa dari mereka-mereka," kata Syaikhu.

Sementara, Ilham mengatakan dia berziarah untuk meminta doa restu dari kedua orang tuanya.

Dia mengatakan akan melanjutkan perjuangan kedua orang tuanya untuk membangun Indonesia lewat jalur politik.

"Jadi itu semuannya dimensi mereka berdua, yaitu orang yang sangat perlu kita lanjutkan. Itu saya kira komitmen kita disini, di makam bapak dan ibu adalah untuk melanjutkan apa yang mereka telah bangun dan mungkin memperluas itu jika dimungkinkan, perluas dan perdalam," kata Ilham.

Syaikhu-Ilham resmi diusung PKS dan NasDem di Pilgub Jabar 2024. Keduanya bakal melawan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan.