Curhat Pramono Anung Usai Jalani Tes Kesehatan: Pertama Kali Disetrum hingga Sulitnya Pertanyaan Psikiater

ERA.id - Calon Gubernur Jakarta, Pramono Anung telah selesai menjalani tes kesehatan. Dia mengaku, dalam proses pemeriksaan itu, untuk pertama kalinya ia harus disetrum untuk mengetahui kondisi syarafnya.

Adapun Pramono mengikuti tes kesehatan bersama pasangan duetnya di Pilgub Jakarta 2024, yakni Rano Karno 'Si Doel'.

"Walaupun saya enggak pernah disetrum, saya juga disetrum. Belum pernah seumur hidup saya disetrum karena untuk mengetahui syaraf," kata Pramono dalam konferensi pers di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat, Jumat (30/8/2024).

Selain itu, Sekretaris Kabinet (Seskab) Presiden Joko Widodo ini juga menyebut, dalam sesi wawancara dengan psikiater, pertanyaan yang diberikan kepadanya cukup sulit. Namun, Pramono mengatakan, ia bisa melalui seluruh tes tersebut dengan baik.

"Tadi pertanyaan psikiaternya juga susah sekali, saya enggak nyangka. Tapi untunglah saya karena biasa kerja keras, biasa mikir, alhamdulillah bisa dijawab semua," ungkap Pramono.

"Mudah-mudahan hasil kesehatannya baik, hasil tes psikologinya juga baik, dan yang lain-lain kami meyakini, alhamdulillah saya dan Bang Rano semuanya berjalan dengan baik. Termasuk arus treadmill dan sebagainya tadi dilalui dengan baik," sambungnya.

Disamping itu, Pramono juga memuji kinerja para dokter, tim medis serta staf di RSUD Tarakan Jakarta. Ia bahkan kagum dengan fasilitas dan kebersihan di rumah sakit tersebut.

"Yang luar biasa bagi saya, saya sebenarnya sudah pernah ke sini (RSUD Tarakan) mungkin 7-8 tahun yang lalu. Rumah sakit ini sekarang menurut saya bersih sekali. Berkali-kali saya puji kepada ibu direktur dan juga seluruh yang tadi dengan fasilitas yang luar biasa, rumah sakitnya bersih, fasilitasnya luar biasa tidak kalah dengan rumah sakit-rumah sakit yang secara nasional maupun swasta yang ada di Jakarta. Benar-benar bersih sekali," jelas Pramono.

"Yang kedua, dari hasil pemeriksaan secara keseluruhan, saya maupun Bang Rano menjalani dengan senang hati karena semuanya dokter-dokternya ramah," tambah dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUD Tarakan Jakarta, Dian Ekowati mengatakan, proses pemeriksaan paslon Pramono-Rano berlangsung lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Ia menyampaikan, seluruh tes selesai dilakukan pada pukul 18.00 WIB.

"Alhamdulillahnya, ini lebih cepat daripada yang dialokasikan waktunya. Semuanya berjalan alhamdulillah dengan lancar dan bersemangat dan lebih cepat dari waktu yang sudah kami tetapkan," ujar Dian.

"Mudah-mudahan nanti hasilnya kami akan melaporkan kepada KPUD (Jakarta), bisa memenuhi harapan kita semuanya," imbuh dia.

Sebagai informasi, Pramono-Rano merupakan paslon gubernur dan wakil gubernur Jakarta pertama yang menjalani tes kesehatan. 

Keduanya diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP). Mereka resmi mendaftarkan diri ke KPUD DKI Jakarta pada Rabu (28/8).